parenting

10 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Anak Bahagia

PapiiLio – Melihat anak yg tumbuh menggunakan baik, berbakti

cara-mudah-membuat-anak-bahagia

Berikut beberapa tips sederhana yang bisa anda coba agar anak anda dapat bahagia :

1.Mempunyai keluarga yang bahagia

Apakah anda tipe orang yang percaya bahwa kebahagiaan itu bisa menular?  Hal ini benar adanya dikarenakan aura positif yang dipancarakan oleh orang-orang yang berbahagia dapat berdampak kepada lingkungan sekitar mereka pula.

Sama juga sebaliknya apabila anda sering bertengkar di depan anak, maka mereka akan terkontaminasi dengan aura negative tersebut. Ribut dan bertengkar di dalam rumah tangga sesuatu hal yang wajar dan tidak dapat dihindari, tapi alangkah baiknya agar orang tua lebih dewasa dalam menyikapi hal ini dengan tidak memilih bertengkar di depan anak sendiri.

Jadi biasakanlah untuk menciptakan lingkungan yang nyaman, positif dan memberikan kebahagiaan bagi si kecil agar mereka dapat turut merasakan. Ternyata cukup mudah ya membuat anak kita bahagia.

2.Menemani si kecil bermain

Usahakan untuk menyempatkan waktu menemani si kecil bermain agar mereka dapat figure orang tua yang mengayomi dan bisa menjadi panutan. Setelah mempunyai anak tentu saja tanggung jawab orang tua semakin bertambah, menjalin kedekatan dengan anak dengan cara bermain bersama merupakan cara yang sangat efektif.

Walaupun telah lelah bekerja seharian percayalah semua rasa lelah yang ada pada diri anda akan hilang dalam sekejap setelah melihat tawa bahagia si kecil. Dibanding menghabiskan waktu menonton youtube atau bermain social media lebih baik anda quality time dengan si kecil bukan.

3.Menggendong

Gendonglah si kecil sebanyak mungkin selama anda mampu, kalimat inilah yang memberi saya motivasi untuk menggendong anak. Dikarenakan setelah mereka makin dewasa dan semakin bertambah berat badannya, kita tidak akan bisa lagi mneggendong mereka. Kita tidak akan bisa memutar kembali waktu untuk bisa menggendong mereka.

Ada yang bilang kebanyakan menggendong anak akan menjadikan mereka ‘bau tangan’ dan manja, tapi menurut saya tidak selalu seperti itu, balik lagi kepada pengajaran dan pemahaman yang kita berikan pada si kecil.

Baca juga : Cara mudah mengajarkan sopan santun sejak usia dini

4.Membacakan buku cerita

Hayoo berapa banyak dari anda yang masi rajin membacakan si kecil buku cerita? Saya rasa di jaman sekarang peran buku cerita sedikit demi sedikit mulai terlupakan. Padahal di jaman dulu ibu kita sering sekali membacakan buku cerita bukan, apalagi sebelum tidur.

Selain dapat memperluas imajinasi tak sedikit pula buku cerita yang dapat memberikan edukasi pada si kecil. Jadi bagi anda yang bingung bagaimana caranya agar si kecil tak melulu nonton tv dan main gadget bisa menjadikan buku cerita sebagai alternative pengalihan yang bermanfaat.

5.Mendengar saat si kecil bercerita

Senang sekali bagi anda mempunyai anak yang aktif bercerita dan selalu terbuka dalam keseharian mereka. Dengan hanya mendengarkan mereka bercerita ternyata dapat membahagiakan dan membuat mereka merasa dihargai dan diperhatikan.

Jangan anggap kecerewetan mereka sebagai suatu hal yang anda anggap menyebalkan, karena lebih baik mempunyai anak yang terbuka dibanding tertutup dari anda. Karena anda akan lebih mudah masuk dan mengerti tentang dunia mereka, selain itu tentu saja dapat mengontrol apa saja yang baik dan buruknya.

6.Memasak makanan favorit si kecil

Tidak perlu khawatir apabila anda seorang ibu yang tidak pintar memasak, banyak nya resep yang kita bisa dapat secara online sangat membantu bukan. Selain asupan gizi dan nutrisi seimbang yang diperlukan si kecil, ada lagi yang penting bagi si kecil yaitu makanan favorit.

Pentingnya mengetahui apa yang si kecil suka dan tidak sukai tentang makanan, jadi anda tidak akan capek-capek memasak dan si kecil tidak membuang-buang makanan.

7.Mendampingi di saat menonton televisi

Selain bahagia saat didampingi, menonton tv bersama juga dapat menjadi salah satu cara agar si kecil tidak menonton tayangan-tayangan yang belum pantas dengan usianya. Banyaknya tontonan yang kurang pantas di tv dan youtube sekarang dapat menjadi alarm bagi orang tua dalam memberikan pemahaman dan batasan dalam konten apa saja yang sekiranya pantas buat si kecil.

Sebisa mungkin dampingi anak saat mereka mau menonton, agar mereka tidak salah dalam memilih tontonan yang kelak akan berdampak pula bagi psikologis anak.

Baca juga : Kecanduan gadget pada anak tak selamanya berdampak buruk

8.Aktif dalam menemani si kecil menjalani kegiatan

Bagi kita orang tua tentu saja terkadang kelelahan dalam mengikuti kegiatan anak, karena energy anak seakan tidak habis-habis walapun telah melakukan aktivitas seharian.

Tapi anak mana yang tidak senang apabila ditemani orang tuanya? Nah ini lah yang bisa menjadi semangat lagi bagi orang tua agar menemani keseharian anak. Rajin menjaga kebugaran badan setelah punya anak dengan cara berolahraga agar siap dengan keseharian anak yang playful.

9.Tidak melihat orang tua main gadget

Dengan sibuk bermain gadget maka perhatian ke anak akan berkurang, orang tua yang cenderung lebih dekat dengan gadget nya akan memberikan contoh kurang baik kepada anak. Anak cenderung akan melihat tingkah laku kedua orang tua nya, dan jangan anda menyesal setelah anak anda juga menjadi kecanduan terhadap gadget. Karena toh anda sendiri yang membuat mereka seperti itu dengan contoh yang anda berikan.

Jauhkan gadget selagi tidak berhubungan dengan pekerjaan dan habiskan lha waktu lebih banyak bersama anak. Lebih bijaksana dalam penggunaan gadget akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

10.orang tua memberi perhatian

Terkadang anak kita tidak perlu berbagai macam hal untuk membuat mereka senang dan bahagia. Hanya satu hal kecil yang mereka perlukan yaitu perhatian, tak sedikit orang tua yang salah tafsir bahwa anak mereka akan bahagia dengan jalan-jalan, dibelikan baju, atau dibelikan mainan. Tapi semua itu akan kalah dengan yang namanya perhatian dari orang tua.

Selain memenui kebutuhan dan keperluan anak, penuhi juga kebutuhan mereka akan perhatian dari kedua orang tua. Lengkap sudah hidup mereka dan selamat anda telah memainkan peran orang tua secara sempurna.

Baca juga : Seberapa perlu pendidikan anak sejak usia dini?

Tidak perlu anda berpikir jauh ke depan dan memutar otak untuk memikirkan segala cara agar anak kita dapat bahagia, cukup dengan menerapkan hal-hal sederhana seperti di atas ternyata dapat membuat anak kita bahagia.

Silahkan anda terapkan setelah selesai membaca ini, dan jangan lupa di share ke teman-teman apabila dirasa memberikan manfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker