11 Bahaya Makan Gorengan – GorenganLovers Yuk Merapat

Waspada bahaya yg mengintai dalam pulang renyah nya Gorengan

PapiiLio – Sapa nih yang tidak suka dengan yang namanya gorengan? Selain gampang ditemui dimana saja dan tentunya dengan harga yang relative murah membuat gorengan menjadi primadona bukan. Apalagi disantap dengan segelas teh atau secangkir kopi, sudah pasti dapat meningkatkan citarasa nya.

bahaya-makan-gorengan

Memang rasa dan tekstur yang disuguhkan gorengan menjadi magnet tersendiri yang bisa menyebabkan rasa nagih bukan. Tidak bisa dipungkiri dibalik rasanya yang enak dan mengenyangkan, ternyata oh ternyata banyak sekali dampak negative nya bagi kesehatan tubuh kita.

Bagi anda para pecinta gorengan jangan menutup mata ya, mari kita simak kira-kira apa saja dampak setelah makan gorengan yang ternyata kurang baik bagi kesehatan :

1.Tinggi asupan lemak jenuh

Lemak jenuh dapat tercipta saat makanan di goreng pada suhu yang tinggi. Dimana proses ini dapat membuat lemak menjadi lebih susah dicerna dalam tubuh. Apabila lemak jenuh terus-menerus ditumpuk di dalam tubuh maka akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

2.Mengandung minyak berlebih

Yang namanya gorengan tentu tidak bisa dipisahkan dengan tepung, ternyata tepung ini juga yang berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah lemak jenuh di dalam gorengan. Selain menyebabkan rasa gurih ternyata tepung memiliki sifat yang mudah dalam menyerap minyak.

Taukah anda semakin lama proses penggorengan maka akan semakin banyak juga minyak yang diserap?

3.Minyak goreng yang dipakai secara berulang

Tentunya anda pernah melihat tukang gorengan menggunakan minyak yang telah berwarna coklat kehitaman bukan, ya ini tandanya minyak tersebut telah dipakai berkali-kali dalam penggorengan. Minyak seperti ini bisa dibilang sudah rusak sehingga tidak pantas lagi dikonsumsi oleh tubuh.

Karena dapat menghasilkan radikal bebas yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh.

Sebaiknya bagi anda yang doyan gorengan, bisa menggoreng sendiri di rumah dengan menggunakan minyak baru yang berkualitas untuk sedikit meminimalisir dampak yang diberikan.

4.Meningkatkan resiko terkena obesitas

Seperti yang telah kita bahas di nomor 1, selain tinggi lemak jenuh nya ternyata gorengan juga tinggi akan kalori. Yang tentu saja akan mudah sekali menyebabkan perut buncit hingga obesitas bagi anda apabila tidak bisa mengontrol asupan kalori harian.

Selain itu dapat pula mempengaruhi kerja hormon yang mengatur nafsu makan kita sehingga kita terasa seolah lapar terus dan ingin nambah di saat makan gorengan bukan.

5.Mempercepat penuaan

Gorengan yang mengandung indeks glikemik tinggi ternyata dapat membuat kerusakan kolagen pada kulit sehingga membuat kulit lebih mudah keriput. Selain itu membuat sel antiaging tidak berjalan sebagaimana mestinya  sehingga menyebabkan penuaan terjadi lebih cepat.

makan-gorengan-berbahaya

6.Gampang terserang batuk

Nih uda pasti sering dialami bagi anda gorengan lovers bukan, bisa jadi karena minyak yang digunakan untuk menggoreng adalah minyak yang telah usang dan digunakan berkali-kali dalam proses menggoreng.

7.Kolestrol tinggi

Berhubungan lagi dengan lemak jenuh, kolestrol di dalam gorengan dapat meningkat seiring sejalan dengan lemak jenuh. Usahakan untuk menggunakan minyak baru saat anda ingin menggoreng makanan agar dapat menekan kadar lemak jenuh.

8.Gangguan system pencernaan

Tingginya kandungan minyak di dalam gorengan bisa menyebabkan pencernaan bekerja lebih keras karena lambung kita akan lebih susah mencerna makanan yang tinggi minyak dibanding dengan makanan seperti rebus-rebusan.

9.Menyebabkan kulit berjerawat

Dikarenakan tidak seimbangnya produksi hormon di dalam tubuh kita yang disebabkan oleh kandungan minyak yang berada di dalam gorengan.

10.Membuat gampang ngantuk

Karena tingginya asupan lemak akan membuat metabolism di dalam tubuh menjadi lebih lambat sehingga cenderung membuat tubuh jadi lemas dan gampang mengantuk, sehingga akan mempengaruhi produktivitas kita.

11.Mengandung zat berbahaya

Pernah dengar zat yang namanya Akrilamida? Zat beracun ini dapat terbentuk di saat makanan di goreng dengan suhu berada di atas 180 derajat celcius. Dan zat ini dapat memicu terjadinya kanker.

Bagaimana cara kita menyiasati hasrat kita dalam memakan gorengan tapi tetap sehat?

  • Menggunakan minyak yang bener-bener baru saat ingin menggoreng
  • Membatasi konsumsi gorengan, jangan dimakan dalam jumlah banyak dan tiap hari
  • Mengurangi konsumsi gorengan di pinggir jalan yang menggunakan minyak berulang-ulang
  • Untuk penggorengan deep-frying yang menggunakan minyak banyak sebaiknya meniriskan terlebih dahulu atau bisa dengan menggunakan tissue makan untuk meminimalisir jumlah minyak yang menyangkut pada tepung

Fun Fact :

Persentase kebutuhan lemak di dalam tubuh perharinya sebesar 30% dari jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Dimana apabila dalam sehari anda memerlukan 2000 kalori, berarti porsi lemak yang dapat dikonsumsi sehari hanya 600 kalori.

Dilansir dari app MyFitnessPal satu gorengan memiliki kalori yang bervariasi, tapi kurang lebih satu gorengan setara dengan 200 kalori. Jadi hanya dengan memakan 3 gorengan sehari cukup memenuhi kebutuhan lemak harian yang diperlukan oleh tubuh kita.

bahaya-makan-gorengan

You May Also Like

About the Author: author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *