parenting

6 Alasan Berat Badan Tetap Naik Padahal Sudah Rajin Olahraga

PapiiLio – Bagi anda yang sedang ingin menurunkan berat badan secara efektif sebaiknya selain menerapkan diet sehat diiringi juga dengan olahraga. Tapi tak sedikit juga orang yang mengeluh karena tidak mengalami penurunan berat badan walapun telah diet dan berolahraga. Hal seperti inilah yang biasanya akan menurunkan semangat dalam menurunkan berat badan.

berat-badan-naik-walaupun-olahraga

Layaknya jalan tol tidak akan selesai dibangun pada satu malam, begitu jua menggunakan yg namanya lemak pada pada tubuh. Lemak nir akan begitu saja hilang pada sekejap sesudah anda terselesaikan berolahraga, rasakan saja prosesnya dan lalu terima hasilnya. Karena tidak terdapat usaha yang akan mengkhianati hasil bukan, seberapa keras usaha anda akan beriringan jua dengan output yg akan anda dapatkan dalam kemudian hari.

Alasan mengapa berat badan masih naik walaupun sudah rutin berolahraga, angka berapa saja yang kira-kira masi dilakukan?

1.Baru mulai olahraga

Berbeda menggunakan sedot lemak yang hasilnya pribadi mampu terlihat setelah melakukan treatment, olahraga perlu dilakukan secara rutin & dalam jangka ketika panjang sebelum anda mampu melihat hasilnya dalam tubuh. Jadi semuanya pulang lagi pada anda, mau yang hasilnya cepat akan tetapi hanya ad interim ataukah hasilnya sedikit usang tetapi bersifat tahan lama .

olahraga-menurunkan-berat-badan

Jangan mengeluh timbangan belum turun apabila anda baru saja olahraga beberapa hari, diharapkan yg namanya proses. Hal ini sama misalnya waktu anda menimbun lemak dalam pada tubuh, nir terdapat ceritanya anda makan hari ini dan besoknya perut anda eksklusif menjadi gemuk & buncit bukan.

Carilah olahraga yg anda sukai dan bisa dilakukan tanpa terpaksa, gunanya buat menjaga konsistensi & mencegah cepat bosan. Bisa jua mencari olahraga yg bisa dilakukan beserta teman, pasangan aaupun keluarga.

Dua.Hanya melakukan kardio

Memang kardio merupakan salah satu cara efektif dalam membakar lemak di dalam tubuh, tapi apabila anda hanya melakukan olahraga kardio saja hasilnya tidak akan secepat orang lain yang melakukan olahraga kardio dan angkat beban. Mari kita lihat dulu tujuan awal anda dalam menurunkan berat badan, apakah perlu secepat-cepatnya? Atau santai-santai saja?

kardio-menurunkan-berat-badan

Apabila anda ingin output yg maksimal pada ketika singkat sangat disarankan mengkombinasikan kardio memakai angkat beban. Lantaran ke 2 olahraga ini akan membantu tubuh membakar lemak

Bagi anda yang melakukan fitness di tempat gym bisa membagi porsi latihan 70 : 30 dimana porsi angkat beban lebih banyak dibandingkan olahraga kardio. Karena semakin banyak massa otot yang ada di tubuh akan menjadi semakin mudah pula dalam proses pembakaran lemak.

3.Kurangnya aktivitas lain setelah berolahraga

Pergi kemana-mana menggunakan kendaraan atau angkutan umum, memilih menggunakan lift atau escalator, atau menghabiskan waktu dengan main social media. Aktivitas mana yang paling sering anda lakukan? Bisa jadi karena aktivitas ini akan mempengaruhi anda dalam menurunkan berat badan. Memang terlihat simple dan sepele, tapi hal yang sepele ternyata dapat juga memberikan dampak yang akan merubah hasil akhir bukan.

santai-dalam-menurunkan-berat-badan

Cobalah untuk merubah kebiasaan-kebiasaan kecil seperti di atas menjadi sesuatu yang lebih berguna seperti misalnya memilih jalan kaki atau menggunakan sepeda sebagai alternative, memilih naik turun tangga dibanding menggunakan lift atau escalator dan merubah kebiasaan mager dan main sosmed dengan kegiatan lain di luar ruangan seperti jogging atau mengajak jalan-jalan hewan peliharaan.

Dengan menambah aktivitas lain diluar waktu berolahraga juga dapat memberikan point tambahan bagi anda yang sedang giat-giatnya menurunkan berat badan .

Baca juga :

  • Cara melakukan Diet OCD
  • Cara melakukan Diet GM
  • Cara melakukan Diet Ketogenik

4.Kebiasaan mengemil

Makan gorengan , martabak dan terang bulan, pisang keju, minuman boba yang lagi hits. Masih banyak lagi cemilan enak-enak lainnya yang akan menjadi halangan bagi anda untuk berhasil dalam diet. Bukannya dilarang atau tidak boleh makan cemilan sama sekali ya, tapi alangkah baiknya untuk mengurangi karena anda sendiri tahu dan sadar bahwa dengan memakan cemilan tinggi kalori seperti itu akan membuat anda lebih susah mendapatkan berat badan yang diinginkan bukan?

mengemil-susah-menurunkan-berat-badan

Kurangin jalan-jalan di mall, melihat instagram yang berisi tentang kuliner, melihat aplikasi go-food atau sejenisnya. Karena akan membuat hasrat makan anda meningkat walaupun sedang tidak lapar. Seberapa sering dari anda yang lapar mata dan tergoda dengan makanan yang anda lihat?

Gantilah jenis cemilan menjadi yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran atau makanan sehat rendah kalori. Percayalah mengemil hanya  masalah kebiasaan saja, anda pasti dapat merubahnya apabila anda telah memiliki niat yang kuat untuk membentuk tubuh yang jauh lebih sehat dan proporsional.

5.Kurang cairan tubuh

Kurang cairan tubuh dapat memberikan indikasi palsu pada tubuh kita lho, padahal yang sedang dirasakan oleh tubuh adalah rasa haus tapi bisa saja kita menginterpretasikan sebagai rasa lapar dan ingin makan. Dan ini sering kali yang membuat kita makan berlebih di luar jam makan normal.

kurang-air-penyebab-susah-menurunkan-berat-badan

Jadi penting sekali untuk tetap menghidrasi tubuh dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari atau setara dengan 2-3 liter perhari. Selain itu air putih tidak memiliki kalori, jadi anda tidak perlu khawatir akan mempengaruhi berat badan.

Benarkah minum air dingin akan menyebabkan kegemukan? BENAR sekali, apabila air dingin itu dicampur dengan sirup atau gula dan dengan catatan dikonsumsi secara berlebihan. Tapi apabila air dingin tidak dicampur apapun tidak akan memberikan dampak negatif kog.

Baca ini : Cara yang tepat dalam melakukan Water Fasting

6.Kalori surplus

Kunci utama dari berat badan adalah kalori, kalau selama ini anda kalori surplus maka hasilnya berat badan akan naik dan juga sebaliknya apabila anda selama ini mengalami defisit kalori harian maka anda akan mengalami yang namanya penurunan berat badan. Jadi penting sekali bagi anda untuk mengetahui dan menimbang-nimbang kebutuhan kalori dengan asupan makanan anda sehari-hari.

kalori-surplus-penyebab-susah-menurunkan-berat-badan

Sekencang-kencangnya anda berolahraga tapi masih kalori surplus maka akan susah sekali untuk menurunkan berat badan, dan tak jarang bahwa berat badan akan stuck atau malahan bertambah. Untuk orang dewasa kebutuhan kalori harian berkisar antara 1.800-2.200kcal ( tergantung berat badan dan tinggi badan personal ).

Jadi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan sebaiknya mengkonsumsi di bawah angka tersebut dan yang ingin maintain berat badan bisa menjaga kalori harian berada pada kisaran angka normal. Jangan juga memangkas kalori harian terlalu banyak, disarankan memotong 10%-20% dari kalori harian agar tubuh tidak kaget dan tetap menjaga fungsi tubuh dapat berjalan baik sebagaimana mestinya.

Benarkah menangis dapat membantu menurunkan berat badan?

Seberapa sering anda menangis saat sedang menonton drama korea? Atau bisa jadi anda menangis gara-gara menyaksikan saat haru di saat teman baik anda menikah. Tapi benarkah dengan menangis dapat berdampak pada penurunan berat badan ?

Ternyata menurut studi penelitian apabila anda menangis emosional dapat membantu meningkatkan kadar hormon kortisol di dalam tubuh yang terinduksi disaat anda sedang menyimpan emosi. Selain itu menangis emosional juga dapat membantu mengurangi tingkat stress karena air mata yang menetes dapat membantu mengeluarkan zat-zat beracun di dalam tubuh.

Tapi jangan jadikan menangis sebagai sebuah solusi ya, karena akan menyebabkan mata anda menjadi bengkak apabila anda menangis dalam jangka waktu yang lama.

Baca ini : Mitos tentang diet yang kurang tepat

Benarkah sering marah dapat membuat tubuh menjadi lebih gampang gemuk?

Hmm, pasti banyak dari anda yang mengira ini sebuah omong kosong belaka bukan. Apa coba hubungan marah dengan berat badan, memang terdengar kurang masuk akal ya. Tapi menurut penelitian perempuan yang lebih sering marah cenderung akan lebih mudah menjadi gemuk, hal ini disebabkan oleh hormon adrenalin yang dilepaskan oleh tubuh saat sedang marah akan mengakibatkan rasa cemas.

Oleh karena itu akan berdampak pada aliran darah ke otot sehingga akan menyebabkan seseorang tidak merasa lapar disaat sedang marah, hal ini bersifat jangka pendek. Kemudian setelah anda telah mereda dari amarah tentunya tingkat adrenalin turut berkurang bukan, disinilah yang akan membuat anda lebih gampang lapar.

Apa yang anda lakukan disaat sedang lapar? Tentunya mencari makanan bukan, apabila anda terbiasa dengan makanan sehat tak akan menjadi masalah yang terlalu besar. Beda halnya apabila anda suka dengan makanan manis, semakin sering anda marah bisa meningkatkan kemungkinan anda akan semakin sering mengkonsumsi makanan manis yang ujung-ujungnya akan mempengaruhi berat badan.

artikel-penyebab-susah-menurunkan-berat-badan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker