parenting

CARA DAN TIPS MERAWAT BAYI YANG BARU LAHIR, APA SAJA YANG PERLU DIPERSIAPKAN ORANG TUA

Inilah beberapa cara merawat bayi baru lahir

  1. Merawat tali pusar, setelah lahir tali pusar bayi tidak akan terlepas saat itu juga. Biasanya memiliki waktu yang beragam antara 1-2 minggu. Tali pusar akan dililit oleh kain kasa agar tidak mengalami infeksi dan menghindari gesekan2 yang tidak diperlukan. Jaga tali pusar agar tetap dalam kondisi kering, tidak lembab dan pastiny steril.
  2. Bayi yang baru saja lahir memiliki intensintas menyusui yang tinggi. Ketika baru lahir ukuran lambung bayi masi kecil, oleh karena itu bayi sering menyusui dengan jumlah yang tidak banyak. Saat lapar biasanya bayi akan memperlihatkan tanda2 nya seperti menangis ato memasukkan tangan nya kedalam mulut. Diharapkan sang ibu siaga agar sang bayi tidak kelaparan dalam jangka waktu yang lama.
  3. Setelah menyusui bayi keseringan gumoh. Gumoh disini adalah dimana bayi mengeluarkan susu yang telah dia minum barusan karena lambungnya masi kecil. Gumoh sendiri merupakan hal yang wajar terjadi pada bayi yang baru saja lahir, jadi tidak perlu terlalu khawatir. Untuk mengatasi gumoh ini biasanya setelah bayi selesai menyusui bisa diposisikan tegak selama kurang lebih 15menit agar bisa bersendawa.
  4. Sering BAB setelah menyusui, aktivitas ini wajar terjadi pada bayi yang baru lahir. Yang perlu diperhatikan adalah bentuk kotorannya, biasanya pada awal2 kotoran bayi akan berwarna hitam dan memiliki tekstur yang lengket, apabila hal ini terjadi tidak perlu khawatir ya. Karena seiring berjalannya waktu kotoran bayi akan mulai normal. Kunjungi dokter anak anda apabila bayi anda BAB dengan intensitas yang sangat tinggi disertai dengan tekstur kotoran yang tidak wajar.
  5. Durasi tidur bayi yang baru lahir biasanya lebih panjang dibanding orang dewasa. Dalam sehari biasanya bayi bisa beristirahat kurang lebih 15-18 jam. Semakin besar usia sang bayi maka waktu tidurny akan berkurang dengan sendirinya.
  6. Bayi yang baru lahir perlu kehangatan, biasanya setelah lahir bayi akan dibedong ini berfungsi untuk menjaga suhu tubuhnya dalam keadaan normal. Biasakan menggunakan sarung tangan, kaos kaki dan topi pada bayi anda.
  7. Kulit sensitive pada bayi yang baru lahir. Bayi baru lahir sering pipis dan BAB, maka dari itu kita akan dekat dengan yang namany popok. Dikarenakan kulit bayi baru lahir cukup sensitive maka disarankan menyediakan tisu basah non alcohol, kapas, air hangat, handuk yang lembut bahkan cream untuk ruam popok.

Baca juga :

  • CIRI SI KECIL TERKENA AUTIS
  • APA ITU AUTISME?!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker