parenting

Cara Membatasi Screen Time Anak

PapiiLio – Dijaman sekarang yang serba modern dan gadget menjadi kebutuhan primer apakah mungkin kita membatasi screen time pada anak? Dimana orang tua jaman sekarang malahan menjadikan gadget sebagai senjata menghadapi anak agar tidak rewel atau sekedar membuat anak menjadi lebih fokus disaat menyantap makanan.

screen-time-anak;

Apa sih urgensinya membatasi screen time pada anak sejak usia dini? Lantaran screen time berlebih dalam anak mampu mengakibatkan gangguan pada fisik, mental dan emosi anak lho.

Dibawah ini adalah beberapa cara bagi anda orang tua yg ingin membatasi screen time pada anak, caranya merupakan :

1.Memberikan anggaran jelas mengenai screen time

Dengan memberikan batasan jelas dalam anak dalam menerapkan screen time sehari-hari, jangan hingga membiarkan anak berada dalam depan layar televisi atau gadget lebih usang dibandingkan ketika bermain menggunakan orang tua atau berkativitas di luar ruangan.

  • Untuk anda yang memiliki anak di bawah usia 18 bulan disarankan tidak menggunakan gadget jenis apapun untuk kegiatan apapun baik itu untuk sekedar menonton atau dengan tujuan edukasi.
  • Sedangkan pada usia 18-24 bulan mulai bisa memberikan screen time dengan tujuan edukatif disertai dengan pendampingan dari orang tua.
  • Bagi anak yang telah berusia 2-5 tahun disarankan tidak melebihi 2 jam dalam sehari. Usahakan tetap terus mendampingi agar bisa saling bertukar pandangan atau berdiskusi tentang apa yang baru saja di tonton.

Dua.Memberikan alternatif aktivitas

Arahkan anak buat melakukan kegiatan yang lebih berguna dibanding sekedar berada pada depan layar televisi atau gadget.

Melakukan aktivitas dalam luar ruangan misalnya :

  • Bermain bola
  • Main layangan
  • Main kejar-kejaran

Memiliki laba yang lebih poly atau mampu pula bermain bersama orang tua ataupun teman dengan permainan edukatif, yg tentunya bisa merangsang motorik dan kognitif anak supaya bisa berkembang lebih cepat.

3.Menemani anak saat sedang menonton

Sebisa mungkin orang tua menaruh pendampingan dalam ketika anak menonton, karena banyak nya sekarang tontonan yang sanggup pada akses anak secara bebas akan tetapi belum tentu sesuai & layak buat dalam tonton. Jadi merupakan tugas orang tua dalam menyaring jenis tontonan apa saja yang sekiranya menaruh edukasi atau yang belum pantas buat dalam tonton anak menggunakan usia nya yg kini .

4.Menjadi Role Model

Jadilah panutan yg pantas buat ditiru sang anak, bagaimana caranya? Anak paling gampang meniru tingkah laris orang-orang yang berada pada sekitarnya. Jadi singkatnya jika anda nir ingin anak kecanduan gadget ya usahakan jangan terus main gadget pada depan anak bukan.

Hal paling simple yang perlu anda lakukan sebelum membatasi screen time pada anak adalah ya menjadi role model mereka. Jadi ke depannya anda nir perlu kesusahan dalam membatasi anak dalam bermain gadget.

Lima.Membuat lingkungan anak screen-free

Jangan memasang televisi pada kamar anak, pasanglah televisi dalam ruang keluarga sebagai akibatnya anda pula bisa memantau secara lebih baik apa saj kira-kira tontonan yang pada gemari anak. Apabila anda memasang televisi dalam pada kamar akan lebih susah buat mengontrolnya.

Jangan memberikan gadget semenjak usia dini, inilah kesalahan paling umum yang umumnya dilakukan oleh orang tua. Dengan tujuan anaknya supaya tidak ketinggalan jaman, tapi ternyata berdampak kurang baik bagi perkembangan anak. Jangan sampai anak anda menjadi kecanduan terhadap gadget dan lebih menentukan menghabiskan waktunya beserta gadget dibanding menggunakan anda.

Ingat masa kecil nir akan terulang lagi, jadi lakukakanlah apa yg sanggup anda lakukan memakai sebaik-baiknya tanpa perlu menyesal pada masa depan.

6.Melakukan tindakan tegas

Bagi anak yg telah kecanduan gadget perlu tindakan tegas berdasarkan orang tua agar mereka nir perlu semakin terjerumus. Bisa memakai cara memutus wi-fi

Berikanlah gadget pada anak apabila umurnya sudah cukup dan memiliki rasa tanggung jawab. Jangan membiarkan anak memakai gadget sejak usia dini hanya untuk sekedar eksis di social media atau menonton youtube. Batasi penggunaan screen time anak secara bijaksana.

Semua balik lagi kepada orang tua masing-masing, setiap keluarga memiliki cara mendidik anak yang berbeda-beda.

cara-membatasi-screen-time-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker