parenting

CARA MEMBERSIHKAN TELINGA ANAK YANG KERING DAN BERBAU TIDAK SEDAP

Mengapa indera pendengaran anak bisa kering & berbau tidak sedap?!

Telinga yang normal atau yang sering dijaga kebersihannya biasanya tidak berbau tidak sedap. Hal seperti ini bisa saja dikarenakan terjadinya peradangan yang disebabkan oleh bakteri sehingga menyebabkan telinga anak mengalami pembengkakan hingga bisa terasa nyeri.

Disebabkan daya tahan tubuh anak-anak belum sekuat orang dewasa jadi sangat rawan telinga anak bisa terinfeksi bakteri ataupun virus.

Jangan sepelekan bau dalam indera pendengaran anak, mungkin bagi sebagian akbar orang bau pada telinga Dianggap sepele & bukan sesuatu yg berbahaya. Tetapi pada anak-anak indera pendengaran bau bisa menjadi tanda2 adanya infeksi ato peradangan dalam pada bagian pendengaran.

Baca jua : Cara menghilangkan bekas cacar

Berikut ciri2 anak yg terkena peradangan pada telinga:

1.Nyeri pada telinga

dua.Demam tinggi

3.Kesulitan mendengar

4.Kesulitan menjaga keseimbangan tubuh

5.Nafsu makan menurun

6.Keluar cairan dari dalam indera indera pendengaran

apabila anak anda telah mengeluhkan ciri-ciri di atas, alangkah baiknya orang tua sigap pada melakukan penanganan lebih jauh. Silahkan bawa anak anda ke dokter THT buat diperiksakan. Peradangan pendengaran yg sudah parah bahkan bisa mengakibatkan munculnya darah menurut bagian pada indera pendengaran.

Berikut beberapa tips membersihkan telinga anak agar lebih bersih dan tidak berbau 1.Bersihkan telinga saat mandi

Ini merupakan saat yang paling pas bagi ibu yang ingin membersihkan telinga anak, silahkan pakai kain lembut yang dibasahkan dengan air hangat lalu berishkan mulai dari bagian luar, bagian dalam serta lipatan2 yang ada di telinga. Gosokkan kain dengan lembut dan dalam keadaan lembab. Setelah selesai menggosok jgn lupa dikeringkan.

2.Bersihkan jangan menggunakan cotton bud

Cotton bud atau kapas yang biasa digunakan membersihkan telinga tidak sebaiknya digunakan untuk membersihkan telinga anak bagian dalam, dikarenakan bagian dalam telinga anak masih sangat sensitive. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sebaiknya jangan terlalu dalam membersihkannya.

3.Bersihkan dengan cairan tetes telinga

Cek dulu dengan dokter anak anda untuk mencari obat tetes yang cocok dan aman untuk digunakan membersihkan telinga.

4.Dilarang membersihkan telinga dalam keadaan kering

Disaat telinga sudah kering rawan terjadi iritasi yang disebabkan oleh gesekan. Paling tidak gunakan lotion yang aman untuk kulit anak-anak.

5.Berhati2 saat membersihkan telinga

Bagi sebagian anak mungkin bakal merasa kurang nyaman waktu dibersihkan telinga nya. Jadi sebaiknya lebih ekstra berhati2 agar tidak menyebabkan lecet ataupun luka yang tidak diinginkan.

6.Lakukan pembersihan secara berkala

Tidak hanya mandi dan gosok gigi saja yang perlu dilakukan secara rutin, membersihkan telinga juga sebaiknya dimasukkan dalam reminder anda.

Baca juga : Kenali gejala autis pada anak sejak usia dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker