parenting

Cara Mengatasi Ketakukan Melahirkan

ketakutan-melahirkan

PapiiLio – Bagi anda yang sedang hamil muda kira-kira perasaan apa yang anda rasakan? Bahagia sudah pasti, takjub ya iyalah, dan mungkin excited kali ya. Sungguh perasaan campur aduk terlebih disaat pertama kali melihat hasil di test pack menunjukkan garis dua atau pertanda positif sedang mengandung. Horee..

Tak sampai disitu rasa bertanya-tanya menyelimuti, pastinya setelah itu anda akan pulang ke dokter buat menanyakan & melakukan test biasanya menggunakan USG buat melihat apakah sahih-sahih sedang positif hamil atau pada PHP sang hasil test pack. Sampai saat ini pun umumnya hanya perasaan bahagia dan bahagia yang akan dirasakan oleh ibu .

Ternyata selain rasa bahagia yang dirasakan oleh ibu yang sedang mengandung, terkadang juga terselip rasa ketakutan terlebih bagi anda yang baru saja mengandung anak pertama. Mungkin saja bisa karena  perubahan hormon saat sedang hamil, sebenarnya rasa cemas dan takut ini sangat wajar terjadi pada ibu hamil. Biasanya rasa cemas itu akan terkait dengan seberapa sakit saat proses melahirkan? Apakah bayi di dalam kandungan sehat-sehat saja? Apakah setelah melahirkan ASI ny bisa lancar keluar nya? Dan masi banyak lagi pertanyaan-pertanyaan seputar kandungan yang mungkin bakalan sering terlintas di dalam pikiran.

Perlu dukungan dari suami dan keluarga agar ibu dapat menjadi lebih tenang dan tidak cemas secara berlebihan karena bisa menyebabkan depresi. Selain itu ada beberapa cara yang bisa anda coba sepert di bawah ini yang mungkin dapat membantu semuanya lebih lancar sampai dengan hari kelahiran.

Cara ampuh dalam mengatasi rasa takut melahirkan

1.Berpikiran positif

Cara paling ampuh dalam mengatasi rasa takut tentunya dengan berpikiran positif, jangan terlalu sering berpikiran buruk atau negatif yang belum tentu pasti bakalan terjadi. Terkadang manusia lebih gampang untuk memikirkan sesuatu yang jelek-jelek padahal belum tentu juga kejadian, hal seperti ini malahan hanya akan menyebabkan kita kehabisan energi.

Dengan berpikiran positif akan membantu ibu untuk terhindar dari yang namanya depresi, saat sedang mengandung tak sedikit ibu yang bisa menjadi depresi baik itu sebelum melahirkan ataupun setelah melahirkan.

2.Menyiapkan rencana melahirkan

Buatlah jadwal tentang barang-barang kebutuhan buat si kecil, dokter kandungan dan rumah sakit mana yang akan dipakai saat melahirkan, dan biaya-biaya yang dibutuhkan. Dengan adanya rencana seperti ini akan membuat proses melahirkan menjadi jauh lebih gampang karena telah dipersiapkan secara matang.

3.Mengikuti kelas persiapan melahirkan

Sekarang banyak sekali expert di dalam bidang ibu dan anak yang membuka kelas yang dapat membantu pasangan suami istri yang sedang menunggu kelahiran si kecil. Gunanya kelas seperti ini biasanya untuk membangun mental dan psikologis sang ibu dalam persiapan menjelang melahirkan, serta juga membantu secara teknis tentang apa saja yang perlu dilakukan saat melahirkan.

Baca ini : Apa itu Babyblues syndrome dan cara mengatasinya

4.Olahraga ringan dan berlatih mengatur nafas

Bagi anda yang ingin melahirkan secara normal tentunya perlu persiapan lebih dibanding ibu yang memilih untuk melahirkan secara Caesar. Untuk melahirkan normal sebaiknya anda belajar teknik pernafasan dan teknik mengejan yang baik dan benar agar proses melahirkan jauh lebih mudah. Jangan lupa juga untuk olahraga ringan secara rutin seperti jalan kaki ataupun yoga.

5.Mencari informasi sebanyak-banyaknya

Tak perlu saat kontrol ke dokter kandungan saja kita bisa mendapat informasi seputar kehamilan, karena dengan kemajuan jaman seperti sekarang sangat mudah untuk mencari informasi tentang apapun yang kita ingin ketahui. Usahakan selalu aktif mencari informasi-informasi yang sekiranya dapat berguna bagi anda dalam menjalani proses melahirkan. Ibaratnya persiapakan persenjataan terlebih dahulu sebelum pergi berperang untuk menambah persentase kemenangan.

6.Sharing dengan pasangan atau keluarga

Mungkin pasangan ataupun keluarga tidak dapat membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan, tapi dengan sharing ternyata dapat membantu ibu menjadi jauh lebih rileks. Hal ini sama dengan waktu anda curhat dengan teman tentang masalah asmara, tentunya perasaan akan lebih plong di saat ada yang mendengarkan keluh kesah kita.

Baca ini : Manfaat USG selama kehamilan

7.Mengkonsultasikan dengan professional

Apabila anda tipikal orang yang mudah cemas dan tertekan mungkin bisa memilih cara ini untuk membantu meringankan beban. Carilah jasa professional yang dapat membantu anda untuk mengatasi rasa kecemasan berlebih pada saat sedang hamil dan menjelang melahirkan.

8.Yakin dengan kemampuan diri sendiri

Bulatkan tekad dan semangati diri sendiri, yakinlah anda bisa melalui proses melahirkan dengan lancar dan terkendali. Perlunya kesiapan diri sendiri bisa menjadi kunci penting dalam melewati proses melahirkan, kalau yang lain saja bisa tentunya anda juga bisa bukan.

9.Mencari support system yang positif

Sering-sering mencari informasi, bergaul dengan teman-teman yang sudah punya anak dan memiliki pasangan yang mendukung. Kelilingi diri anda dengan segala sesuatu yang dapat membantu anda bertumbuh.

Baca ini : Postpartum Depression, begini caranya agar anda tidak terkena

10.Berdoa

Setelah mempunyai persiapan seperti di atas percayalah anda tidak akan takut lagi dalam melahirkan, tapi jangan lupa juga berdoa ya untuk meminta agar semuanya dilancarkan dan bayinya sehat.

Semoga beberapa cara di atas dapat membantu anda dalam mengatasi kecemasan-kecemasan saat melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker