parenting

Cara Menurunkan Kolestrol Secara Alami dan Cepat

PapiiLio – Bagi anda yang telah terindikasi memiliki kolestrol tinggi atau berada di atas kadar normal >200 mg/dL sebaiknya segera mengubah pola makan menjadi yang lebih sehat karena kolestrol tinggi dapat menjadi penyebab dari berbagai macam penyakit bagi tubuh kita seperti stroke atau penyakit jantung . Selain itu penting pula untuk mengubah gaya hidup dengan memperbanyak olahraga agar kadar kolestrol di dalam darah bisa kembali menjadi normal.

cara-menurunkan-kolestrol

Cara menurunkan kolestrol dengan cara alami

1. Mengontrol berat badan ideal

Untuk mengetahui berat badan ideal cukup mudah yaitu dengan cara :

Laki-laki = [ Tinggi badan – 100 ] – [ ( Tinggi badan-100 ) x 10% ]

Perempuan = [ Tinggi badan – 100 ] – [ ( Tinggi badan-100 ) x 15% ]

Usahakan untuk memiliki berat badan ideal gunanya agar terhindar dari kolestrol, karena orang yang obesitas atau memiliki berat badan yang berlebih cenderung memiliki peningkatan kadar kolestrol juga.

2. Berolahraga secara teratur

Jangan mager atau malas gerak, kurangi kebiasaan duduk lama di depan computer dan main gadget. Sisihkan waktu anda untuk suatu hal yang lebih berguna semisal berolahraga secara rutin dan teratur karena olahraga sendiri memiliki fungsi dalam meningkatkan kadar kolestrol baik dan menurunkan kadar kolestrol jahat yang berada di dalam tubuh. Selain itu dengan rajin berolahraga tubuh akan menjadi jauh lebih bugar dan sehat.

3. Memperbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan

Masukkan sayur dan buah-buahan dalam menu makan sehari-hari karena selain kaya akan serat dan vitamin, telah terbukti dapat menurunkan kolestrol, dalam sehari disarankan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran minim 500-1000gram perhari.

4. Mengkonsumsi makanan rendah lemak

Cobalah untuk menghindari junk food dan makanan berlemak tinggi apabila kadar kolestrol telah melewati ambang batas normal, gantilah dengan makanan rendah lemak seperti ikan, tempe, tahu, putih telur, susu rendah lemak, kacang-kacangan. Hindari juga untuk terlalu banyak memakan gorengan .

5. Mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 dan serat larut

Untuk makanan yang kaya akan omega 3 tentu saja seperti ikan tuna, ikan sarden, ikan salmon hingga ikan makarel. Selain itu bisa juga dari kacang kenari ataupun chia seed.

Sedangkan untuk makanan yang mengandung serat larut bisa didapat dari alpukat, brokoli, wortel, apel, gandum, kacang merah, lobak hingga ubi jalar.

6. Berhenti merokok

Taukah anda kebiasaan merokok selain tidak baik bagi pernafasan dan paru-paru ternyata juga dapat merusak keseimbangan kolestrol di dalam tubuh kita. Merokok sendiri dapat menurunkan kadar kolestrol baik di dalam tubuh, jadi apabila anda seorang perokok dan memiliki kolestrol tinggi sebaiknya segera berhenti sekarang juga.

7. Memiliki pola tidur yang baik dan istirahat yang cukup

Kurangi begadang dan istirahat disaat yang seharusnya dapat membantu metabolism tubuh bekerja secara baik, hal ini akan berpengaruh pada kinerja hati dalam mendetoks tubuh secara alami dari racun-racun.

8. Hindari stress

Stress ataupun memiliki beban pikiran dapat membuat fungsi hati tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga akan memudahkan kolestrol mengendap dan menumpuk di bagian hati ataupun bagian tubuh lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker