parenting

CIRI SI KECIL TERKENA AUTIS

Penting nya mengetahui ciri autis semenjak dini!!

Memiliki buah hati yg sehat

“ Memiliki anak autis bukan lah sebuah petaka yang perlu kita sesali “

Ciri-ciri si kecil mengalami autism

1. Anak  tidak mau melihat kearah benda yang ditunjuk oleh anda

Anda bisa mencoba melakukan hal ini ke si kecil apakah dia tertarik kepada benda yang anda coba arahkan. Terkadang anak yang menderita autism susah mengikuti arahan.

2. Anak tidak mau menoleh atau bereaksi ketika namanya dipanggil

Tentu saja tiap harinya anda selalu memanggil nama si kecil, nah ketika anda memanggil nama dan si kecil tidak bereaksi atau menoleh kearah asal suara anda perlu memberikan perhatian lebih dikarenakan anak autism cenderung cuek. Segera lakukan pengecekan berkala apabila hal ini terjadi dalam jangka waktu yang lama.

3. Anak tidak mau meniru ekspresi wajah, gerakan atau ucapan

Karena cenderung lebih cuek si kecil tidak tertarik dengan keadaan sekitar waktu kita ajak bermain. Si kecil mempunyai focus yang berbeda dengan anak yang lain.

4. Anak tidak mau melakukan kontak mata kurang lebih 2-3 detik

Penting ny bonding si kecil dengan ibunya, point ini yang paling gampang terdeteksi  saat si ibu menyusui apakah ada kontak mata dengan si kecil. Hal ini bisa diketahui sejak usia 9 bulan, jadi sebisa mungkin si ibu bisa memperhatikan lebih apabila tidak terjadi bonding dengan si kecil.

5. Anak tidak mau menunjuk kepada hal yang dia tertarik atau sukai

Anak autism terkadang bisa mengalami kesulitan dengan kegiatan motoric, mereka memiliki caranya tersendiri dalam menyampaikan hal yang mereka inginkan. Contohnya jika kita ingin sesuatu kita bisa menunjuk kepada hal yang kita inginkan, tetapi pada kasus anak autis apabila mereka menginginkan sesuatu tapi tidak dapat menyampaikan dan tidak ada yang mengerti mereka cenderung mengalami perubahan perilaku seperti marah dan menangis.

6. Anak tidak mau bermain atau berkomunikasi dengan anak yang lain

Mempunyai dunia sendiri, mungkin terlihat si kecil tipe2 pemalu, pendiem, atau mungkin tidak suka keramaian seperti orang tua nya. Tetapi hal ini malah bisa menjadi tanda bahwa si kecil memiliki autism. Apabila ada tanda2 seperti ini orang tua bisa menyiasati dengan mencoba menyekolah kan si kecil sejak usia dini atau sering di ajak berkumpul dengan keluarga atau teman2.

7. Anak sering bermain pura-pura

Menurut penelitian anak yang mengidap autism cenderung memiliki cara unik yang berbeda dalam bermain.

“ Kasih sayang orang tua yang begitu besar akan selalu memberikan yang terbaik bagi si kecil yang ke depan ny akan memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang buah hati“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker