parenting

Mengapa Masih Mengantuk Walaupun Telah Tidur 8 Jam?!

PapiiLio – Tidur merupakan salah satu kegiatan yang paling digemari di dunia ini, sapa yang setuju dengan statement tersebut? Umumnya orang dewasa memerlukan waktu tidur 7 hingga 8 jam sehari. Tapi pernahkah anda merasa masi mengantuk di pagi hari walaupun telah tidur dengan waktu yang ideal? Mungkin bisa jadi penyebabnya seperti di bawah ini.

merasa-lelah-walaupun-tidur-cukup

Beberapa penyebab yg mampu mengakibatkan mengantuk walaupun telah tidur relatif

1.Bermain smartphone sebelum tidur

Di jaman kini ini poly sekali orang yang tidak mampu jauh berdasarkan gadgetnya, baik itu sebelum tidur ataupun sehabis bangun yang dicari pertama kali umumnya handphone buat mengecek sosmed ataupun yg berkaitan menggunakan pekerjaan. Tapi taukah anda dengan norma bermain smartphone pada ranjang sebelum ketika tidur ternyata bisa menghambat jam tubuh. Sebenarnya tubuh dalam malam hari ingin rileks tetapi dipaksa melakukan aktivitas yaitu bermain handphone sehingga menciptakan tubuh akan susah buat beradaptasi.

smartphone-menyebabkan-kelelahan-sebelum-tidur

Selain kebiasaan ini tak baik bagi tubuh ternyata pula mampu berdampak tidak baik bagi kesehatan mata dan sanggup membuat anda kecanduan. Untuk menerima waktu istirahat yg ideal di malam hari sebaiknya segera mengurangi kegiatan yang satu ini.

Dua.Kurang minum air putih

Ternyata tubuh yang mengalami dehidrasi sebelum tidur mampu menyebabkan impak lemas

Alangkah baiknya membiasakan untuk meminum 1 gelas air putih baik itu sebelum tidur maupun setelah bangun tidur.

3.Kekurangan sinar matahari

Seperti yang telah kita ketahui bahwa sinar matahari di pagi hari berfungsi untuk memecah vitamin D yang ada di dalam tubuh kita sehingga akan membuat kerja hormon menjadi lebih baik dan efektif, mungkin anda orang yang tidak senang terpapar akan sinar matahari karena akan menyebabkan gerah dan berkeringat. Tapi bagi anda yang sering merasa kelelahan setelah bangun di pagi hari mungkin ini bisa menjadi salah satu alternatif solusi, yaitu berjemur selama 15-20 menit di pagi hari.

Terlebih lagi bagi anda yang seharian bekerja di kantoran dengan full ac sangat disarankan untuk tetap mendapat paparan sinar matahari tiap harinya.

Baca juga : Ternyata ini alasannya berat badan tetap naik walaupun rajin berolahraga

4.Mandi di malam hari sebelum tidur

Banyak orang yang beranggapan mandi di malam hari kurang baik bagi kesehatan tubuh dan dapat menyebabkan reumatik. Tapi apakah benar ada hubungan mandi di malam hari dengan tubuh akan lelah setelah bangun di pagi hari? Ternyata mandi air hangat di malam hari dapat menurunkan suhu tubuh hingga 15 derajat celcius, yang berakibat tubuh kita akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk menjadi lebih rileks dan dapat tidur nyenyak.

mandi-malam-menyebabkan-kelelahan-sebelum-tidur

Karena meningkatnya suhu tubuh setelah mandi air hangat maka akan menjadi tidak ideal bagi untuk tidur. Sebaiknya bagi anda yang ingin tidur cepat menghindari kebiasaan mandi air hangat sebelum waktunya tidur.

5.Jam biologis tubuh telah kacau

Di dalam tubuh mengenal yang namanya ritme sirkadian atau sering kita sebut jam biologis tubuh, maksudnya adalah apabila ritme ini menjadi kacau anda akan sering mengantuk di saat yang tidak tepat. Sebenarnya tubuh kita telah dirancang untuk tidur di malam hari karena organ-organ tubuh akan mengalami detoks alami, untuk waktu tidur yang baik berkisar dari pukul 21.00 hingga 06.00 di pagi hari. Itulah saat-saat dimana organ akan mengalami detoks secara maksimal dan tubuh akan merefresh kembali setelah lelah dengan kegiatan seharian.

Tapi apabila ritme ini telah terganggu biasanya anda akan mudah mengantuk di pagi atau siang hari sedangkan akan terus terjaga selama di malam hari, penting sekali bagi anda untuk tetap menjaga jam biologis karena memiliki peran dalam mengatur suhu tubuh, produksi hormon dan berbagai macam fungsi di dalam tubuh kita.

6.Kebanyakan minum alcohol

Selain kandungan di dalam alcohol yang tidak baik bagi tubuh ternyata dengan mengkonsumsi alcohol juga dapat berpengaruh terhadap kualitas tidur yang kita miliki. Taukah anda orang yang sering mengkonsumsi alcohol akan lebih sering mengantuk di siang hari? Ternyata alcohol sendiri dapat menyebabkan jam tidur menjadi tidak teratur. Untuk anda yang ingin mengembalikan kualitas tidur menjadi lebih baik sebaiknya menghindari meminum alcohol beberapa jam sebelum anda ingin tidur.

Baca juga : Bahaya yang mengintai dibalik manisnya minuman Boba kekinian

7.Tubuh kurang berolahraga

Seharian bekerja dan duduk di depan computer selama 8 jam, biasanya akan menjadi alasan bagi anda untuk malas berolahraga. Padahal dengan rutinitas seperti itu tidak akan baik bagi tubuh sehingga membutuhkan yang namanya olahraga untuk mengembalikan stamina dan membuat tubuh jauh lebih kuat. Kebiasaan duduk lama di depan computer akan membuat berat badan bertumpu pada satu titik sehingga akan menyebabkan tubuh menjadi lelah.

kurang-olahraga-menyebabkan-kelelahan-sebelum-tidur

Selain itu juga dapat mempengaruhi kualitas tidur karena tubuh kita tidak cukup mengeluarkan energy harian untuk tidur, bagi anda yang benar-benar sibuk dan tidak memiliki waktu untuk berolahraga secara proper dapat menyisihkan waktu 5-10 menit untuk beranjak dari tempat duduk dan berjalan-jalan santai untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks.

8.Pola makan yang kurang baik

Ada pepatah yang menyebutkan orang Indonesia belum kenyang apabila belum makan nasi, kandungan di dalam nasi di dominasi karbohidrat dan gula. Ternyata dengan kebanyakan mengkonsumsi karbohidrat dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih lelah dibanding sebelumnya. Jadi bagi anda yang mungkin mengkonsumsi nasi 3x sehari ataupun lebih dari itu bisa mengurangi dengan cara mengganti nasi dengan buah-buahan atau sayur-sayuran.

9.Kadar gula tubuh yang tidak seimbang

Junk food dan minuman bersoda sungguh kombinasi maut yang akan susah untuk ditolak, tapi dengan mengkonsumsi makanan seperti itu dapat meningkatkan kadar gula di dalam tubuh melonjak tinggi. Sehingga ujung-ujungnya akan mengakibatkan kadar gula yang tidak seimbang di dalam tubuh, kadar gula yang tidak seimbang akan menyebabkan tubuh kekurangan energy sehingga akan menyebabkan sering merasa lelah.

Baca juga : Berhentilah merokok sebelum semuanya terlambat!!!

10.Depresi atau stress

Pola makan sudah baik, cukup olahraga, cukup cairan tubuh dan tidak main handphone sebelum tidur tapi kog masi merasa kelelahan setelah bangun di pagi hari padahal telah tidur selama 8 jam? Hmm, bisa jadi anda sedang mengalami yang namany stress atau depresi tanpa anda sadari. Sehingga tubuh kita akan kurang termotivasi dan akan sering merasa kelelahan tanpa sebab yang jelas.

depresi-dapat-menyebabkan-kelelahan

Coba dipikirkan apakah anda sedang mengalami masalah yang berat yang dapat mengakibatkan anda stress, cobalah jalan santai di pagi hari sembari menghirup udara yang masi segar ataupun anda bisa bermeditasi untuk menenangkan pikiran anda yang sedang kurang baik.

11.Sleep apnea

Sleep apnea ada suatu kondisi medis yang dapat menyebabkan nafas berhenti sesaat ketika kita sedang dalam tertidur, biasanya disebabkan oleh penyumbatan yang terjadi pada saluran pernafasan. Kondisi ini akan menyebabkan kita terbangun tiba-tiba di malam hari dan berkeringat dingin sehingga akan mengganggu kualitas tidur yang dimiliki. Apabila tidak diatasi dengan segera akan menyebabkan kelelahan di pagi hari dan mengurangi produktivitas.

12.Sindrom kelelahan kronis

Sampai saat ini belum ada penelitian yang dapat menjelaskan tentang pemicu utama seseorang dapat memiliki sindrom kelelahan kronis, tapi sejauh ini dihubung-hubungkan dengan sleep apnea merupakan salah satu pemicu yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sindrom ini. Efek dari sindrom ini antara lain akan merasa lemas, lesu, lelah dan mengantuk sepanjang hari . Selain itu apabila anda mengidap sindrom ini dapat menyebabkan sulit untuk berkonsentrasi dan tak jarang akan mengalami nyeri-nyeri otot.

Bagaimana cara mengatasi sehingga tubuh tidak merasa kelelahan walaupun telah tidur cukup?

Kesadaran untuk ingin berubah menjadi sangat penting bagi anda yang ingin mengembalikan kualitas tidur sehingga hidup anda akan jauh lebih produktif. Cobalah beberapa cara dibawah ini semoga dapat membantu :

  • Menghindari kebiasaan merokok dan minum alcohol
  • Mulailah menyisihkan waktu untuk berolahraga secara teratur
  • Hindari junk food dan minuman manis, mulailah dengan mengkonsumsi makanan yang jauh lebih sehat
  • Menghindari kebiasaan main smartphone sebelum tidur
  • Apabila sedang banyak pikiran sebaiknya anda melakukan relaksasi untuk mengurang beban pikiran
  • Mulai membentuk pola tidur yang lebih teratur dibanding sebelumnya
  • Mengkondisikan kamar sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat, misalnya meredupkan lampu ruangan, menyesuaikan suhu ruangan agar tidak terlalu dingin atau terlalu panas dan bisa juga dengan menggunakan aromaterapi

Apabila setelah mencoba cara-cara di atas namun belum juga berhasil mungkin anda bisa mencoba bantuan medis professional seperti dokter atau psikiater, karena bisa jadi keluhan-keluhan yang selama ini menyebabkan anda sering merasa kelelahan bisa jadi sebuah penyakit.

Baca juga : Menu sarapan yang sehat bagi jantung kita

Jangan meremehkan kelelahan dan rasa mengantuk yang sering dialami oleh tubuh dan tidak pada waktunya, karena akan berimbas pada kesehatan tubuh secara keseluruhan baik secara fisik maupun mental. Sebaiknya jangan melakukan aktivitas seperti berkendara terlebih dahulu apabila anda sedang merasa lelah dan mengantuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker