Merokok – Waspadalah Terhadap BAHAYA yang Mengintai

PapiiLio – Bagi anda yang masi merokok hingga saat ini sebaiknya segera menghentikan kebiasaan merokok setelah membaca artikel ini. Karena disini akan membahas bahaya-bahaya apa saja yang dapat ditimbulkan dari menghisap rokok. Bahaya yang ditimbulkan dari rokok bukan hanya akan merugikan diri sendiri, tapi juga bakalan merugikan bagi orang-orang yang berada di sekitar anda seperti orang tua, keluarga sampai dengan anak-anak.

bahaya-merokok-bagi-tubuh-anda

Kandungan yang terdapat di dalam rokok yang menyebabkan berbahaya :

1.Nikotin

Nikotin ini yang berperan utama dalam menyebabkan kecanduan dan ingin menghisap terus-menerus. Nikotin memiliki sifat karsinogen dimana dapat memicu terjadinya kanker paru-paru. Zat ini akan mempengaruhi syaraf-syaraf dan peredaran darah, tidak butuh waktu lama setelah dihisap untuk mencapai otak karena hanya memerlukan kurang lebih waktu 15 detik.

Apabila di dalam rokok tidak mengandung zat adiktif yang satu ini dipercaya jumlah perokok tidak akan sebanyak sekarang.

2.Tar

Dapat memperbesar resiko kanker, kandungan ini dihasilkan ketika rokok dibakar dan dihisap. Setelah itu akan menempel dibagian paru-paru dan memiliki sifat hirokarbon.

3.Karbon monoksida

Karbon monoksida sendiri akan mengikat hemoglobin di dalam darah dimana akan membuat darah kita tidak berfungsi sebagaimana mestinya dalam mengikat oksigen sehingga akan menyebabkan masalah pada kesehatan perokok.

4.Amonia

Taukah anda zat satu ini biasa sering digunakan di dalam pupuk dan produk-produk pembersih. Bisa anda bayangkan bahayanya apabila zat seperti ini masuk ke dalam tubuh anda bukan? Amonia sendiri merupakan zat bersifat gas yang tidak memiliki bau dan tidak berwarna.

Selain menyebabkan efek kecanduan seperti nikotin, ternyata amonia juga menyebabkan resiko sesak nafas, iritasi, pneumonia hingga kanker tenggorokan apabila anda terpapar secara terus-menerus.

5.Arsenik

Meski takaran yang digunakan dalam rokok terbilang cukup kecil tetapi dampak yang diberikan pada tubuh tidak sekecil takarannya. Karena ternyata dapat memicu kanker ginjal, kanker paru-paru, kanker hati, kanker kulit hingga kanker saluran kemih. Dan sebagai tambahan zat ini biasa kita temukan di dalam racun tikus lho.

6.Hidrogen sianida

Akan menyebabkan sakit kepala, mual-mual hingga rasa lelah pada badan. Zat ini akan biasa ditemukan di dalam produksi plastik seperti akrilik hingga resin. Yang lebih mengejutkan beberapa negara yang masi mengadopsi hukuman mati, terkadang menggunakan zat ini di dalam eksekusi nya lho.

7.Aseton

Aseton akan sangat umum ditemukan di dalam thinner / produk pembersih kutek. Bagi anda wanita yang suka memakai kutek tentu saja akan akrab dengan zat yang satu ini. Bayangkan bagaimana zat ini masuk ke dalam tubuh kita. Selain baunya yang menyengat ternyata zat satu ini dapat berdampak buruk bagi hati dan ginjal.

Baca ini : Hidup sehat dengan olahraga kardio di rumah

Setidaknya di dalam sebatang rokok memiliki kurang lebih 200-an zat-zat yang akan berdampak negatif bagi tubuh dan di atas merupakan beberapa contoh zat-zat yang berbahaya dan masi banyak lagi zat yang serupa.

akibat-yang-didapat-dari-merokok

Bahaya yang mengintai kesehatan anda yang masi merokok

1.Kanker

Banyak sekali jenis kanker yang bisa dipicu oleh kandungan-kandungan yang dimiliki dalam sebatang rokok, antara lain :

  • Kanker paru-paru
  • Kanker hati
  • Kanker mulut
  • Kanker ginjal
  • Kanker usus
  • Kanker serviks
  • Kanker saluran kemih

Dan dengan merokok berarti anda secara sadar sedang meningkatkan resiko tubuh anda akan terkena kanker-kanker seperti yang di atas !!

2.Serangan jantung

Kandungan yang berkontribusi terhadap serangan jantung bagi perokok adalah karbon monoksida, kandungan ini juga dapat kita temukan dalam asap knalpot kendaraan bermotor. Selain mengurangi oksigen di dalam darah bisa meningkatkan kolestrol sehingga akan memperbesar kemungkinan terkena stroke hingga serangan jantung.

Baca ini : Penyakit jantung, Pembunuh nomor 1 di dunia

3.Penyakit paru-paru kronis

Tentu saja rokok tidak akan jauh dari sistem pernafasan bukan, salah satu yang akan diserang pastinya paru-paru perokok. Gejalanya akan mengalami sesak nafas secara berkala dan tidak banyak perokok yang akan menyadari hal ini. Sebaiknya segera periksakan ke dokter apabila anda tiba-tiba mengalami sesak nafas yang berkepanjangan.

4.Masalah kesuburan

Seperti yang tertera dalam bungkus rokok “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, IMPOTENSI dan gangguan kehamilan dan janin”

Selain itu dapat menurunkan kualitas pada sperma hingga meningkatkan resiko terkena kanker testis.

5.Masalah mulut

Perokok pastinya memiliki bau mulut yang tak sedap dan gigi nya bakal terlihat menguning atau kusam. Hal ini wajar sekali didapatkan pada perokok aktif.

6.Diabetes tipe 2

Kondisi dimana kadar gula di dalam darah sudah melebih batas normal, sehingga akan menyebabkan tubuh kita tidak dapat lagi menggunakan hormon insulin sebagaimana mestinya. Apabila anda terkena penyakit satu ini maka bisa jadi menyebabkan infeksi yang mengakibatkan amputasi pada bagian tubuh tertentu.

7.Penuaan dini

Dapat meningkatkan jumlah kerutan bagi anda yang aktif merokok dalam waktu yang panjang dan juga akan membuat kulit menjadi tampak kusam hingga mempercepat penuaan.

8.Masalah pada sistem pencernaan

Zat-zat di dalam rokok dapat meningkatkan resiko terkena kanker ginjal, kanker usus, kanker perut hingga kanker saluran kemih.

Bagaimana cara berhenti merokok?

1.Langung berhenti

Bulatkan niat dan tekad anda, selama anda berpikiran positif pasti akan bisa untuk berhenti merokok. Pikirkan hal-hal positif yang akan didapat setelah berhasil berhenti merokok antara lain :

  • Hemat pengeluaran – Harga rokok dari tahun ke tahun selalu naik, tapi anda tidak pernah protes seperti saat harga BBM naik. Coba saja dihitung dengan harga sebungkus rokok kurang lebih 25rb x 30 hari. Dalam sebulan akan menghemat 750.000 hanya dari berhenti merokok.
  • Nafas tidak putus-putus – Berapa banyak dari anda perokok yang merasakan nafas megap-megap, tentunya tidak nyaman dalam menjalani keseharian bukan. Dengan berhenti merokok anda akan mendapatkan nafas anda kembali normal.
  • Tubuh lebih sehat – Tidak ada kata terlambat untuk memutuskan berhenti merokok, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukan. Jangan tunggu sakit terlebih dahulu baru anda memutuskan untuk berhenti, sebaiknya mencegah terlebih dahulu.

2.Merubah pola atau gaya hidup

Perbanyak kegiatan positif seperti berolahraga agar anda tidak kembali pada kebiasaan merokok. Bisa juga dengan tidak sering-sering berkumpul dengan teman-teman atau lingkungan perokok. Hal seperti ini terbukti ampuh bagi anda yang sedang memutuskan untuk berhenti merokok.

Baca ini : Raw Food, Pola makan yang menyehatkan

3.Jangan beralih ke Vape / Rokok elektrik

Walaupun banyak yang bilang vape jauh lebih sehat tapi jangan menganggap ini sebagai jalan keluar bagi anda yang sedang ingin berhenti merokok. Karena belum adanya kajian atau penelitian jangka panjang pada produk satu ini. Terlepas dari black campaign competitor atau yang lainnya, toh sudah ada buktinya dampak negatif pada orang yang menggunakan vape. Selain aroma harum dan rasa yang bermacam-macam , perhatikan juga harga dan efek negatif nya yah.

Jagalah tubuh sebaik mungkin selama anda masi bisa, jangan menukar kesehatan yang anda miliki dengan kepuasan yang didapat saat merokok. Karena pertukarannya tidak setara, kepuasan sementara dengan kesehatan yang mahal harganya.

Bayangkan dampak yang anda dapatkan apabila telah sakit, bukan hanya diri sendiri yang dirugikan tetapi keluarga dan lingkungan tentunya juga akan merasakan dampaknya bukan. Hidup hanya sekali, jangan di sia-siakan dan jangan juga merepotkan orang lain karena kesalahan yang kita lakukan.

bahaya-merokok-bagi-tubuh

You May Also Like

About the Author: author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *