parenting

Pendidikan Anak Sejak Usia Dini, Seberapa Pentingnya dan Manfaat yang Didapatkan

PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini

pendidikan-anak-usia-dini

Kata-kata ini mungkin akrab terdengar pada alat indera pendengaran orang tua jaman kini . Tapi taukah anda adalah menurut PAUD itu sendiri?

Pembinaan awal sebelum anak mendapat pendidikan dasar. Biasanya buat membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak bisa lebih siap pada menjalani pendidikan yg lebih lanjut.

Bedanya pendidikan jaman dulu dimulai saat kita masuk Taman Kanak-kanak, akan tetapi jaman sekarang pendidikan dimulai memakai usia anak yang lebih belia mampu dimulai dari usia 1 tahun. Cukup mengejutkan ya tetapi itulah yg terjadi pada jaman kini dikarenakan meningkatnya baku pendidikan.

Pendidikan anak merupakan investasi jangka panjang yang sanggup diberikan oleh orang tua. Terlebih saat golden age ( masa dimana anak mengalami tumbuh kembang yg sangat pesat terutama dalam kecerdasan otaknya ) diyakini pada usia anak 0-4 tahun.

PAUD dianggap mampu mengoptimalisasi perkembangan anak sinkron menggunakan usianya. Dimana akan diajarkan cara berkomunikasi, melakukan eksperimen & malakukan observasi.

Bagi orang tua yg keduanya bekerja mungkin PAUD mampu menjadi galat satu solusi terbaik. Tak sporadis saya melihat ada anak 2 tahun yang sudah memulai PAUD. Dikarenakan kedua orang tuanya nir memiliki waktu yang cukup pada mengajari anak sehari-hari. Hal ini berfungsi supaya anak tetap bisa belajar & menerima stimulasi yg akan baik bagi perkembangannya.

Tapi perlu diperhatikan pula merupakan kesiapan berdasarkan anak kita masing-masing. Jangan memaksakan jika sekiranya anak kita masih belum siap dan juga jangan dibandingkan memakai anak seusianya.

Baca pula : Tips menaikkan konsentrasi pada anak

Usia ideal anak mengikuti PAUD?

Sampai saat ini belum ada takaran pasti tentang usia ideal anak mengikuti PAUD, tergantung pada kesiapan anak dan kesediaan dari orang tua. Namun berdasar pakar anak bisa mulai pada saat usia 4 tahun.

Apakah ada pertanda-tanda bahwa anak kita sudah siap mengikuti PAUD?

  • Bisa menggunakan toilet sendiri
  • Bisa makan sendiri
  • Berani berkomunikasi dengan orang lain
  • Bisa jauh dari orang tua

Seberapa perlunya pendidikan anak sejak usia dini?

Pada usia anak 0-6 tahun sangat mudah dalam menyerap informasi yang berada di sekitarnya. Sehingga apa yang diajarkan baik oleh orang tua ataupun orang-orang di sekelilingnya sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak tersebut. Itulah mengapa diperlukan contoh yang baik bagi anak agar dapat meniru hal yang baik-baik pula.

Pada saat anak belajar di tempat PAUD, akan diajarkan persiapan-persiapan yang diperlukan buat masuk ke dalam pendidikan formal. Selain itu jua membantu mengembangkan motoric halus & kasar, & juga menanamkan bahwa belajar itu sesuatu hal yg menyenangkan.

pentingnya-pengajaran-anak-sejak-usia-dini

Pentingnya bagi anak buat mengikuti pendidikan anak semenjak usia dini

  • Membentuk karakter anak sehingga dapat beradaptasi dengan lingkungan yang semakin hari semakin berkembang dan semakin luas
  • Untuk memberitahukan anak pentingnya edukasi sehingga dapat mengembangkan potensi-potensi tersembunyi di dalam diri anak
  • Untuk mengasah keterampilan dan dapat disalurkan secara baik dan benar
  • Untuk mendeteksi secara lebih awal apabila terjadi gangguan dalam tumbuh kembang anak

Materi yang di ajarkan saat pendidikan anak usia dini

  1. Mengenal angka dan huruf
  2. Mengenal bentuk-bentuk
  3. Belajar caranya bersosialiasi
  4. Belajar menghormati orang lain
  5. Belajar caranya mandiri
  6. Belajar caranya menghargai sesama
  7. Belajar caranya beradaptasi dengan lingkungan baru

Selain itu pendidikan anak sejak usia dini dipercaya dapat membantu anak agar lebih siap memasuki masa di taman kanak-kanak.

Baca ini : Cara mengatasi anak yang kecanduan terhadap gadget

Keuntungan dan kerugian mengikuti PAUD

Keuntungan yang didapat :

  1. Mendapat stimulus sejak usia dini sehingga lebih cepat mengerti
  2. Fokus terhadap perkembangan intelegensi anak
  3. Diperkenalkan bahasa lain selain bahasa Indonesia ( seperti bahasa inggris atau mandarin )
  4. Dapat mengembangkan bakat dan kemampuan
  5. Mengasah kreativitas anak

Kerugian yang didapat :

  1. Anak yang giat belajar akan terlalu focus pada sisi intelegensi sehingga melupakan sosialiasi
  2. Kurangnya waktu bermain
  3. Kurangnya waktu bersama orang tua
  4. Pengaruh lingkungan baru yang belum tentu sesuai dengan yang di ajarkan di rumah
  5. Apabila ada yang sedang sakit gampang tertular

Kesiapan finansial orang tua juga diperlukan bagi mereka yang telah memutuskan anaknya untuk mengikuti PAUD, dikarenakan biaya yang diperlukan bisa dibilang tidak sedikit. Oleh karena itu perlu pertimbangan yang matang.

Cara memilih pre school buat anak

1.Lingkungan yang nyaman

Dengan lingkungan tempat belajar yang nyaman akan membuat anak senang dan menyebabkan bertambahnya fokus dalam belajar. Perhatikan juga dari segi kebersihan dan kelengkapan sarana dan prasarana yang disiapkan.

2.Pengajar yang bersertifikat dan profesional di bidangnya

Pengajar yang kompeten di bidangnya akan menuntun anak kita menjadi lebih baik juga. Pengajar selain harus memiliki kemampuan dalam mengembangkan potensi anak juga mesti mempunyai kemampuan dalam membuat nyaman anak sehingga akan memperlancar proses belajar mengajar.

3.Penggunaan kurikulum pelajaran

Tiap sekolah mempunyai standarnya masing-masing. Sebelum memutuskan alangkah baiknya mencari tahu terlebih dahulu agar bisa dipastikan cocok dengan anak kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker