parenting

PENTINGNYA ASI UNTUK TUMBUH KEMBANG BAYI BARU LAHIR

Manfaat & pentingnya ASI terhadap perkembangan bayi

Pentingnya asupan ASI bagi bayi yg baru lahir!!

Bila dibandingkan dengan susu formula tentu saja ASI ( Air susu ibu ) memiliki lebih banyak manfaat. Selain kandungan yang terdapat di dalam asi, ternyata meyusui secara langsung juga dapat menjalin kedekatan sang ibu dengan si buah hati. Sudah terbukti bahwa bayi yang mendapat asi exclusive cenderung mempunyai kedekatan dan hubungan yang lebih baik dibanding bayi yang tidak diberikan asi secara exclusive.

Mari kita simak apa saja manfaat berdasarkan asi bagi tumbuh kembang bayi :

1. Memberikan system kekebalan yg baik buat bayi

System imun tubuh pada bayi selain didapat dari vaksin juga mampu didapat dari kandungan yang masih ada pada dalam asi. Sangat penting sekali bagi si mini buat mendapatkan proteksi yg optimal supaya tidak gampang terserang penyakit jua virus. Pastinya anda tidak tega bukan melihat bayi yang baru lahir sudah terkena penyakit.

2. Lebih higienis dibanding susu formula

Dikarenakan tersimpan dalam payudara mak , asi dinilai mempunyai suhu yg sempurna

Baca juga : Tips merawat bayi yang baru lahir

3. Lebih segar dan tidak basi

Asi tidak akan basi karena langsung dihasilkan didalam payudara ibu. Tanpa memakai bahan kimia apapun. Yang mempengaruhi kualitas dari asi itu sendiri merupakan makanan apa saja yang dikonsumsi ibu menyusui. Sebisa mungkin bagi ibu menyusui mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang sehingga menghasilkan produksi asi yang berkualitas pula bagi si kecil.

4. Makanan yang tepat untuk bayi yang baru lahir

Dikarenakan belum dapat mengkonsumsi apapun selain susu. Asi merupakan makanan yang paling tepat bagi bayi yang masi berusia 0-6 bulan. Setelah berusia 6 bulan bisa ditambahkan dengan mpasi ( makanan pendamping asi ).

5. Kandungan zat2 penting yang terdapat di dalam asi :

Protein

Mengandung laktoferin yang berfungsi melindungi bayi dari infeksi saluran pencernaan dan kandungan kasein ny lebih renda dibanding dengan MPASI, sehingga tubuh bayi di bawah usia 6 bulan lebih mudah mencerna nya.

Lemak

Mengandung DHA dan ARA yang berfungsi mengembangkan visual dan syaraf bayi.

Karbohidrat

Mengandung laktosa lebih tinggi dibanding asupan makanan yang lainnya. Berfungsi memaksimalkan penyerapan kalsium bagi tubuh bayi.

Air

Di dalam asi juga terkandung air dengan komposisi sebesar 85%, sehingga bayi kita tidak akan mengalami dehidrasi.

Mineral

Karena ginjal bayi masi berkembang tidak boleh mendapatkan asupan yang tinggi mineral, kandungan mineral di dalam asi terbilang cukup rendah sehingga aman dalam masa tumbuh kembang.

Enzim baik

Mengandung kurang lebih 20 enzim aktif yang berguna bagi si kecil.

Baca juga : Kenali gejala autis sejak dini

Bagi anda ibu yang baru saja melahirkan dan diberikan berkah dengan asi yang berkelimpahan. Diharapkan dapat memberikan asi exclusive bagi bayi anda, dikarenakan banyak sekali manfaat yang didapat bagi sang bayi juga pentingnya untuk menjalin bonding bagi ibu dan bayi. Dan dengan memberikan asi terbukti dapat membantu mengembalikan berat badan sang ibu kembali normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker