parenting

Pentingnya Makan Bersama di Meja Makan Bersama Keluarga

Keuntungan yg didapat memakai makan bersama pada meja makan

Jaman dahulu orang tua kita mengajarkan makan harus pada meja makan, tidak boleh melakukan aktivitas lain pada meja makan selain buat menyantap kuliner baik itu membaca buku atau bermain handphone, malahan dijaman dulu yg lebih strict/ketat ketika berkumpul makan nir boleh berbicara satu memakai yg lain. Karena pergi lagi ke fungsi meja makan adalah tempatnya kita menyantap sajian tanpa mengalami gangguan yg lain.

Namun usang kelamaan tradisi tadi makin usang makin terabaikan. Tidak sporadis satu famili makan secara sendiri-sendiri pada loka terpisah lantaran banyaknya kesibukan, ataupun sekalinya makan di satu meja namun semuanya dalam sibuk menggunakan gadget masing-masing. Hal ini sangat masuk akal kita lihat ya sekarang ini.

Jaman kini kita lebih focus dalam kehidupan social dibalik gadget, dibanding kehidupan nyata. Orang jaman kini cenderung lebih bahagia menerima pengakuan di dunia social. Makan sekarang ini lebih kurang telah beralih fungsi, alih-alih buat mengenyangkan perut, makan kini adalah ajang buat pamer atau mengembangkan hidangan yang kita makan menggunakan orang-orang pada media social yang belum tentu semuanya kita kenal.

Contohny sebelum melahap kita bakalan memfoto masakan itu terlebih dahulu kemudian mengembangkan nya pada media social misalnya instagram, whatsapp, ataupun facebook.

Balik ke topic, tentang krusial ny makan bersama pada meja makan.

Baca juga : Manfaat menjemur anak dalam pagi hari

Manfaat yg kita dapatkan menurut berkumpul beserta dalam meja makan :

1.Menjadi satu momen berkumpul beserta & saling bertukar cerita

Back to real life, inilah yg namany kehidupan dimana kita mestinya bertukar cerita memakai teman ataupun keluarga yang kita kenal. Cobalah menerapkan anggaran dihentikan menggunakan gadget pada meja makan sebagai akibatnya kita akan memiliki quality time. Kita mampu mendengarkan apa saja yang dilakukan anak kita seharian dalam sekolah.

Dua.Mengajarkan etika & tata krama yang baik

Balik ke fungsinya masing-masing, toilet adalah tempat buang air, bioskop tempatnya menonton film dan meja makan adalah tempat kita menyantap hidangan. Etika makan yang baik bisa menjadi salah satu benchmark  terhadapa ajaran orang tua. Biasakan mengajarkan hal ini kepada anak kita agar kelak etika dan tata krama ini akan terbawa hingga dewasa.

3.Menjadi salah satu cara bonding terbaik

Saling bertukar cerita dan tertawa lepas bisa menjadi cara memperkuat ikatan antara satu dengan yang lain. Jadikan saat berkumpul di meja makan sebagai tempat untuk berkumpul setelah seharian sibuk dengan aktivitasny masing-masing.

Baja juga : Cara membersihkan kuping anak

4.Mengurangi kebiasaan makan sambil bermain gadget

Banyak kita jumpai anak jaman sekarang banyak yang mau makan apabila sedang bermain atau nonton di gadget. Orang tua yang malas ingin mengambil jalan pintas dengan menggunakan gadget agar anak lebih gampang makan. Ternyata hal ini kurang baik karena focus anak akan terpecah dan susah konsentrasi. Lebih baik biasakan makan bersama di meja makan dengan tidak menggunakan gadget. Sebisa mungkin dibiasakan sejak usia dini.

5.Berdampak positif bagi perkembangan anak

Anak akan lebih bisa berbagi cerita dengan orang tua, berkumpul bersama dan saling berbagi cerita akan memberikan kehangatan. Dan juga  anak akan merasa lebih diperhatikan oleh kedua orang tuanya. Aura positif seperti ini akan memberikan dampak yang baik untuk tumbuh kembang anak.

6.Dapat mengurangi stress

Anak yang bisa berbagi cerita dan keluh kesahnya terbukti dapat menjadi lebih aktif dan tidak banyak beban. Saat berkumpul dengan orang terdekat tentu memberikan rasa bahagia, sehingga tanpa kita sadari dapat mengurangi rasa stress yang berlebih.

7.Dapat mengontrol makanan anak

Dengan berkumpul bersama kita dapat mengetahui apa saja yang dikonsumsi anak kita. Beda dengan melepaskan anak sering jajan diluar. Dan tentu saja orang tua bisa mengontrol asupan gizi dan nutrisi yang diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker