parenting

Penyebab Perceraian Dalam Rumah Tangga yang Sering Kita Temui

Perceraian merupakan hal terakhir yg terlintas pada benak pikiran anda yang ingin membentuk rumah tangga bukan, tetapi jangan anggap sepele hal-hal dalam bawah ini yang mungkin sanggup sebagai batu sandungan bagi anda yg sedang membina tempat tinggal tangga memakai pasangan yang anda pilih.

penyebab-perceraian-dalam-rumah-tangga

Penyebab atau perseteruan yg tidak jarang terjadi dalam loka tinggal tangga yg bisa berujung perceraian :

1.Masalah keuangan

Sering sekali kita dengar pasangan suami istri menetapkan buat bercerai dikarenakan factor perkara keuangan. Ya tidak bisa dipungkiri bahwa kasus ini memang sudah menjadi momok angker bagi anda yg baru ingin memulai sebuah famili. Dimana mencari pasangan yang memiliki visi dan misi yang sama dalam memandang keuangan tentu nir gampang.

uang-menyebabkan-perceraian

Biasakan buat menyampaikan secara terbuka bagi kalian yang sudah menikah mengenai bagaimana caranya mengolah keuangan pada pada famili. Pentingnya keterbukaan dan komunikasi yg baik akan sangat membantu dalam membentuk loka tinggal tangga yang serasi. Biasakan buat mengatur dan membuat jadwal pengeluaran secara terpola.

Dua.Kekerasan pada tempat tinggal tangga

Hal ini sangat fatal bila telah terjadi pada pada rumah tangga, lantaran kesamaan kekerarasan di pada loka tinggal tangga ( KDRT ) sanggup berulang ke depannya. Ingatlah waktu anda menetapkan buat berkeluarga, anda meminta putri menurut keluarga orang secara baik-baik bukan untuk disakiti. Sebisa mungkin mengontrol emosi ketika bertengkar agar jangan sampai main tangan.

kekerasan-rumah-tangga-penyebab-perceraian

Bukan hanya sakit fisik yang dirasakan tetapi bisa berdampak terhadap psikologis pasangan, hubungan tempat tinggal tangga bakalan tidak menjadi serasi lagi. Berbeda argument

3.Komunikasi tidak lancar

Hubungan yang baik sangat berkaitan erat dengan komunikasi yang lancar pula. Biasanya komunikasi antar pasangan akan berkurang seiring dengan mempunyai anggota keluarga baru yaitu anak. Jangan anggap remeh komunikasi dengan pasangan karena bisa berdampak terhadap renggang nya hubungan suami dan istri.

komunikasi-tidak-lancar-penyebab-perceraian

Jangan jadikan anak dan kesibukan dalam pekerjaan sebagai alasan komunikasi dengan pasangan menjadi tidak lancar, asalkan ada niat pasti bakalan ada cara yang bisa anda pilih agar tetap bisa berkomunikasi dengan pasangan. Perbaiki kualitas komunikasi apabila memang anda berdua sama-sama memiliki kesibukan yang luar biasa.

4.Perselingkuhan

Sapa sih pria atau wanita di dunia ini yang ingin diselingkuhi atau dimadu? Tentunya tidak ada yang mau dan rela bukan. Sebaiknya anda berpikir 1000x terlebih dahulu sebelum memutuskan berselingkuh dari pasangan. Pikirkan mengapa anda memutuskan untuk membina keluarga dengan pasangan, pikirkan masa-masa bahagia yang telah kalian jalani selama ini.

selingkuh-menyebabkan-perceraian

Perselingkuhan tidak mempunyai dampak positif apapun yang bisa membuat anda menjadi lebih baik. Hanya cemoohan dan caci maki yang akan anda dapatkan apabila ketahuan berselingkuh, itulah mengapa sebaiknya kita membuang jauh-jauh pikiran kita apabila hendak berselingkuh. Karena tentunya akan berujung dengan perceraian.

5.Belum atau tidak memiliki momongan

Belum diberi kepercayaan dari Tuhan untuk mendapatkan momongan bisa juga menjadi kendala bagi sebuah keluarga, karena bagi sebagian besar pasangan yang ingin menikah tentu saja untuk memiliki momongan. Pentingnya bersikap dewasa dalam mengatasi hal seperti ini akan sangat membantu dalam berpikir jernih dan tidak mudah stress agar keluarga yang kita bangun tetap utuh.

belum-memiliki-momongan-beujung-cerai

Belum memiliki anak bukan menjadi akhir bagi pasangan suami istri, selama saling memegang komitmen semua masalah bisa diatasi bersama-sama. Mungkin bisa dengan cara adopsi ataupun bayi tabung.

6.Banyak nya tekanan dari keluarga

Kita tentu saja tidak bisa membuat semua orang bahagia bukan, walaupun telah berusaha sebaik apapun masi saja ada kemungkinan orang tidak akan suka dengan apa yang kita perbuat. Seperti yang sering anda lihat di sinetron terkadang mertua ataupun ipar ada yang tidak senang, hal ini pula yang bisa terjadi di dunia nyata tepatnya di dalam keluarga anda.

tekanan-dari-keluarga-menyebabkan-perceraian

Terkadang tekanan dari keluarga dapat menyebabkan pula terjadinya perceraian, dikarenakan interfensi dari orang-orang terdekat yang memberikan masukan-masukan negative. Jangan terlalu cepat percaya dengan apa yang dikatakan orang sebelum mempunyai bukti yang kuat.

7.Menikah di usia yang masi terlalu muda

Memang usia tidak dapat menjadi tolak ukur kedewasaan, tapi berdasarkan persentase memang pasangan yang menikah di usia dini terbilang cukup rentan berujung dengan perceraian. Dikarenakan belum stabilnya pekerjaan dan pendapatan, serta belum matangnya emosi, dan tidak sedikit pula yang belum mandiri tapi sudah memutuskan untuk menikah.

pernikahan-dini-menyebabkan-perceraian

Pentingnya perencanaan matang bagi anda yang ingin menikah menjadi penting apabila anda memandang pernikahan adalah sesuatu hal yang sakral dan sekali seumur hidup, jangan jadikan pernikahan sebagai ajang main-main ataupun coba-coba.

8.Perbedaan pandangan dalam menjalin sebuah komitmen

Menyatukan visi dan misi dengan pasangan sebelum beranjak ke tahapan lebih lanjut yaitu menikah. Tak sedikit yang menggebu-gebu di awal tanpa visi dan tujuan yang jelas ke depannya, atas nama cinta mereka memilih untuk menyatukan diri dalam ikatan pernikahan. Hal ini bisa di bilang kurang tepat karena masalah yang akan kita atasi dalam rumah tangga tentu memiliki skala yang berbeda dibanding sewaktu kita berpacaran.

perbedaan-pandangan-menyebabkan-perceraian

Pentingnya mempunyai visi dan misi yang sama dalam mencapai suatu tujuan bakalan memperbesar keberhasilan dalam meraihnya bersama. Jadi usahakan menyatukan pandangan terlebih dahulu agar tidak menjadi masalah ke depannya.

9.Banyak sifat yang ternyata tidak cocok setelah tinggal di bawah satu atap

Masi banyak yang jaim ( jaga image ) di saat pacaran sangat sangat wajar terjadi, biasanya sifat asli bakalan terungkap setelah kita hidup bersama. Dikarenakan tidak ada yang bisa kita sembunyikan dari pasangan. Tak sedikit yang kaget dengan sikap pasangannya yang tidak diperlihatkan selama pacaran bukan.

perbedaan-sifat-menyebabkan-perceraian

Tapi baiknya perbedaan sifat ini bukan dijadikan alasan untuk bercerai ya, perbedaan itulah yang akan membuat kehidupan di dalam keluarga menjadi lebih berwarna dan saling melengkapi satu dengan yang lain.

10.Ketidakseimbangan peran di dalam rumah tangga

Ibu yang masih bekerja terkadang capek dan tidak mau mengurus rumah, begitu pula suami yang masi tidak memiliki pekerjaan tidak mau membantu mengurus dan menjaga anak. Pembagian peran seperti ini masi terjadi di dalam kehidupan pernikahan modern. Dimana kodrat wanita mengurus dapur dan lelaki mencari nafkah.

perbedaan-sifat-menyebabkan-perceraian

Padahal peran di dalam rumah tangga bisa menjadi lebih fleksibel tergantung dari mereka yang menjalani, dimana bisa saja suami membantu tentang urusan dapur dan istri membantu meningkatkan  keuangan di dalam keluarga. Menjadi team yang bisa saling support dan membantu bakal membuat hubungan menjadi lebih harmonis.

11.Masalah pekerjaan

Hal seperti ini sering terjadi bagi suami dan istri yang memiliki pekerjaan masing-masing. Masalah pekerjaan alangkah baiknya tidak dibawa ke rumah, biasakan membagi porsi dan peran baik di tempat kerja dan di rumah. Maksudnya adalah di tempat kerja anda seorang pekerja dan setelah di rumah tugas anda adalah menjadi suami/istri.

pekerjaan-menyebabkan-perceraian

Jangan sampai gara-gara masalah di tempat kerja bisa membuat pertengkaran di rumah.

12.Perbedaan prioritas

Suami ingin menabung dan istri ingin belanja atau sebaliknya, ini namanya perbedaan prioritas yang sering terjadi. Jangan sepelekan hal seperti ini ya, apabila terjadi perbedaan pandangan terhadap prioritas sebaiknya langsung dibicarakan dan dicari solusi nya. Ingat untuk tidak membiasakan menggampangkan suatu masalah.

beda-prioritas-menyebabkan-perceraian

Berbeda pandangan dan prioritas bakal sering anda alami ketika telah berkeluarga kelak. Jadi sebaiknya berkomunikasi secara baik untuk menyelesaikan perbedaan yang ada.

13.Masalah kecanduan

Kecanduan rokok, kecanduan alcohol, kecanduan judi sampai dengan kecanduan game. Yang namanya kecanduan pasti berdampak tidak baik bagi diri sendiri dan akan berimbas pula terhadap pasangan dan keluarga kita. Jangan sampai kecanduan seperti ini merusak keharmonisan rumah tangga anda sehingga ujung-ujungnya menjadi perceraian.

kecanduan-menyebabkan-perceraian

Hentikan mulai sekarang sesuatu yang negative, ganti dengan kegiatan-kegiatan yang sekiranya lebih memiliki dampak positif. Karena kebiasaan tidak semudah itu untuk dirubah, jadi sebaiknya dimulai sejak sekarang.

14.Sering bertengkar dan tidak ada niatan memperbaiki

Membiarkan masalah berlarut-larut bakalan menjadi duri di dalam daging. Baiknya menyelesaikan masalah secepat mungkin dan mencari jalan keluar, berbeda dengan tabungan dan deposito yang berbunga ketika disimpan. Masalah yang disimpan tidak akan menghasilkan apa-apa yang akan memberikan keuntungan bukan.

egois-menyebabkan-perceraian

Turunkan ego masing-masing dengan pasangan agar dapat membicarakan dan menyelesaikan pertengkaran dengan kepala dingin dan cara yang baik.

15.Menganggap remeh pasangan

Bertanyalah kepada diri anda sendiri, apakah anda senang kalau diremehkan orang? Jadi berpikirlah sebelum anda meremehkan orang lain ataupun pasangan anda sendiri. Hal ini bisa terjadi karena terjadinya kesenjangan pendapatan, tingkatan dalam pekerjaan, ataupun perbedaan keahlian yang dimiliki. Terkadang tak sedikit dari kita  yang menganggap diri kita hebat dan lupa bahwa di atas langit masi ada langit.

anggap-remeh-pasangan-menyebabkan-perceraian

Jangan terbiasa untuk selalu melihat ke atas, sekali-kali anda perlu juga menengok ke bawah untuk mengetahui apabila jatuh tentunya akan sakit juga.

Baca ini : 11 Ciri suami idaman sayang istri, ternyata nomor 4 wajib dimiliki suami anda

Artikel ini tidak bertujuan untuk menakut-nakuti, tetapi lebih kepada agar anda yang membaca dan sedang ingin menikah untuk lebih melek terhadap masalah-masalah yang mungkin saja bakalan terjadi kepada diri anda dan pasangan. Sehingga bisa berkomunikasi terlebih dahulu agar tidak mendapatkan masalah yang serupa.

Sekiranya bermanfaat bisa tolong di share juga ke teman-teman yang lain. terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker