parenting

Peran Suami Dalam Proses Persalinan Normal

Bagi anda yg sedang menghitung hari menunggu proses persalinan aku doakan semoga seluruh nya lancar sampai hari H & lancar pula menggunakan proses persalinannya. Aminn~

peran-suami-dalam-proses-persalinan

Tidak hanya istri atau calon bunda yang berdebar-debar dalam menunggu proses persalinan, hal ini juga pastinya dirasakan sang suami. Tidak hanya hadir disaat proses menciptakan anak ternyata suami pula diharapkan kehadirannya pada waktu istri menjalani proses melahirkan. Hal ini sebanding lurus menggunakan janji yang diucapkan pada waktu menikah, bahwa akan menemani baik di ketika suka juga murung .

Jadi apa saja kiranya kiprah suami dalam membantu proses persalinan :

1.Menjadi samsak waktu rasa sakit melanda

Menunggu bukaan 1 sampai memakai 10 tentu saja akan melewati masa-masa kontraksi yang mampu dibilang cukup menyakitkan. Tapi ini semua tergantung berdasarkan toleransi dalam menahan rasa sakit yang dimiliki istri atau calon ibu. Nah gunanya suami disini telah mulai terasa dalam membantu melewati rasa-rasa sakit yang dialami, ibaratnya dijadikan samsak agar bisa saling membagi rasa sakit yang dirasakan.

suami-jadi-samsak-selama-bersalin

Belum lagi jika memerlukan proses induksi dimana akan diberikan rangsangan izin bukaan lebih cepat, proses induksi ini mampu terbilang menaruh rasa sakit yang tidak mengecewakan mampu menciptakan bulu kuduk bergetar. Bagi para suami harap bersiap ya, rasa sakit yang dirasakan oleh istri yg sedang dalam proses persalinan tentu saja sangat besar .

Dua.Membantu komunikasi istri memakai dokter atau bidan yang membantu proses melahirkan

Berkomunikasi pada ketika nir menahan rasa sakit tentu saja suatu hal yg biasa. Tapa sembari menahan sakit terkadang kita perlu berkomunikasi memakai bidan ataupun dokter, susahnya berkomunikasi memakai dokter bisa dibantu sang suami sebagai mediator agar lebih mudah menyampaikan apa yg ingin pada utarakan. Lantaran tentunya suami akan lebih mengerti apa yang kita maksudkan.

Tiga.Membantu mengingatkan teknik pernafasan selama masa bersalin

Tehnik pernafasan merupakan tehnik yang sangat krusial disamping tehnik mengejan, perlunya tehnik pernafasan itu berperan penting bagi lancarnya proses persalinan. Tak sedikit mak -bunda yg melupakan lantaran rasa sakit yang melanda datang silih berganti tanpa kejelasan saat. Ingatkan istri buat terus bernafas secara baik

Baca juga :

  • Postpartum depression, penting dibaca bagi ibu yang baru melahirkan
  • Babyblues syndrome, ternyata ini tanda dan solusi mengatasinya
  • Ini tanda-tanda suami sayang dengan istri, apakah suami anda memilikinya?

4.Memberikan dukungan emosional

Terkadang istri merasakan yang namanya mental down, terlebih bagi mereka yang baru mencoba melahirkan anak pertama. Padahal rencana awalnya ingin melahirkan normal, setelah merasakan rasa sakit akibat kontraksi langsung pengen beralih ke operasi Caesar. Kuatkan mental istri agar tetap dengan tujuan awal yang telah direncanakan, memberikan kata-kata motivasi dan memberikan dukungan yang tulus bisa membuat istri kembali bersemangat di dalam menjalani persalinan.

5.Memberikan pijatan lembut

memberi-pijatan-saat-bersalin

Banyak ny energy yang diperlukan istri untuk melahirkan anak tak bisa kita ukur dengan satuan apapun. Berikan pijatan lembut dapat sedikit membantu si istri yang sedang kelelahan. Perhatian kecil seperti ini dapat memberikan energy lebih kepada istri untuk kembali bersemangat dan berjuang.

6.Membantu mengingatkan apa saja yang telah dipelajari selama masa kehamilan

Tehnik pernafasan, tehnik mengejan dan hal-hal yang mungkin telah anda pelajari di internet ataupun mengikuti kelas bisa saja langsung hilang seketika dalam pikiran anda. Hal seperti ini terbilang wajar karena tidak selamanya terori berjalan lurus dengan masa praktek nya. Tenang ya, disaat-saat seperti ini kana da suami yang setia mendampingi dan bisa membantu dalam mengingatkan hal-hal yang telah dipelajari.

7.Memberikan rasa tenang dan nyaman

Tentu saja kita akan merasa aman, tenang dan nyaman apabila kita didampingi oleh pasangan tercinta. Menjadi pasangan yang support disaat suka dan duka menjadi kelebihan tersendiri di dalam membangun rumah tangga. Menemani istri berjuang di ruang persalinan akan memberikan mereka asupan energy tambahan dalam melewati proses tersebut.

suami-membayar-biaya-persalinan

Setelah membaca beberapa point di atas ternyata peran suami dalam proses persalinan bukan hanya untuk membayar biaya tagihan rumah sakit ya, penting sekali kehadiran suami selama proses persalinan.

Sekiranya artikel ini bermanfaat bisa di share ke teman-teman yang sedang menunggu proses persalina juga ya, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker