parenting

Pikirkan Dulu Sebelum Melakukan Hal Ini Didepan Anak Kita

Hal yg tidak pantas dilakukan orang tua dalam depan anak

1.Bertengkar

Bertengkar dalam depan anak dapat menghipnotis kesehatan mental anak. Dengan seringkali melihat orang tua yg bertengkar di depan matanya sendiri akan menaruh imbas yg sangat jelek sekali bagi perkembangan anak. Janganlah menjadi orang tua yg egois yang nir mampu menentukan loka & saat buat bertengkar sebagai akibatnya harus diperlihatkan secara gamblang

2.Berhubungan Intim

Apabila masih sekamar dengan anak pintar-pintar lah dalam memilih waktu dan kesempatan jika ingin berhubungan intim. Usahakan jangan sampai terlihat di depan anak yang masih kecil dikarenakan pemahaman mereka akan hubungan intim belum terbentuk secara jelas. Usahakan anak sedang tidur nyenyak dan tidur di dalam kondisi yang aman dan nyaman. Pendidikan seksual sejak dini bagi anak memang penting sekali apalagi melihat kemajuan jaman sekarang ini.

3.Berteriak dan Memaki

Anak kecil sama dengan kertas putih yang masi bersih, bila anda ingin membuat kotor tidak memerlukan waktu yang lama, tapi untuk membersihkannya kembali tidak semudah sewaktu ingin mengotorinya.  Apa yang dia lihat sangat cepat ditiru, jadi jangan mudah mengeluarkan kata-kata makian bila anda tidak ingin anak anda belajar hal tersebut. Peribahasa yang sering terucap “ Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya “.  Jangan ajarkan anak anda dengan tingkah laku yang negative.

Baca juga : Cara mengajarkan toilet training

4.Main Gadget terus menerus

Keperluan gadget di jaman sekarang memang tidak bisa dipungkiri lagi. Setiap hari bahkan setiap saat banyak sekali orang yang tidak bisa jauh dari gadgetnya, entah hanya mengecek social media, membaca berita atau menonton video.

Tapi dampak negative dari main gadget terus menerus juga banyak lho :

  • Ketergantungan
  • Obesitas
  • Mata lelah
  • Interaksi social menurun
  • Jam isitirahat terganggu
  • Waktu main dengan anak berkurang

5.Menjelek-jelekkan orang lain

Apa positifnya dari menjelek-jelekkan orang lain? Rasanya tidak ada, jadi bila tidak ad keuntungan yang kita dapat dan juga menambah dosa, buat apa kita mesti menjelek-jelekkan orang lain terlebih didepan anak kita. Selain memberikan aura negative juga bakal membuat anak kita terbiasa dengan contoh yang diberikan oleh orang tua.

6.Merokok dan Minum Alkohol

Orang tua yang merokok dan minum alcohol memiliki kesehatan yang kurang baik, ini semua sudah terbukti melalui riset dan penelitian. Lingkungan sangat mempengaruhi perkembangan sang anak, dengan memperlihatkan tingkah laku yang seperti itu jangan salahkan apabila ke depannya anak anda juga bakalan meniru tingkah laku yang tidak sehat tersebut.

Baca juga : Cara hidup sehat dengan cara alami

7.Menasihati si kecil tanpa memberikan contoh

Hanya menasehati melalui kata-kata kurang efektif dalam memberikan penjelasan kepada anak. Daya tangkap anak masing-masing berberda. Cobalah memberikan penjelasan disertai dengan contoh sehingga akan lebih mudah ditangkap dan dipahami, disertai dengan tutur bahasa yang baik. Sabar dalam menasehati juga merupakan kunci agar sang anak menangkap maksud yang ingin kita sampaikan.

8.Membandingkan si kecil

Anda pernah dibandingkan dengan mantan pacar pasangan anda? Bagaimana rasanya? Apakah anda senang? Kebanyakan orang pasti bakalan merasa kesal. Jadi jangan juga sekali-kali membandingkan si kecil dengan yang lain. Hal ini cuman akan menumbuhkan rasa frustrasi didalam diri anak, yang tentunya tidak memiliki dampak positif.

9.Memanggil pasangan dengan kata-kata negative

Pada dasarnya anak kecil sangat mudah sekali meniru ucapan atau kata-kata yang sering dia dengar sehari-hari. Bayangkan bila suatu hari anak anda bukan memanggil dengan sebutan ayah/ibu, abi/bunda, daddy/mommy tetapi dengan memanggil kata-kata yang kurang berkenan yang sering anda pakai buat memanggil pasangan anda. Tidak mau terjadi hal seperti ini bukan? Semua kendali ada di tangan orang tua, jangan memperlihatkan sesuatu yang jelek yang sekiranya bakalan ditiru dan dipraktekkan oleh anak.

Baca juga : Manfaat menjemur bayi di pagi hari

10.Mempermalukan si kecil di depan orang banyak

Psikologis anak akan gampang sekali terganggu apabila anda melakukan hal ini. Anak akan menjadi minder, lebih emosional, gampang tersinggung, lebih tertutup. Perhatikan dan perhitungkan tindakan yang anda perbuat apalagi dimuka umum. Jangan sampai tindakan itu akan merugikan bagi anda sendiri maupun keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker