parenting

Tanda Anak Sedang Tumbuh Gigi, Cara Mengatasi dan Membersihkannya !!!

Tanda-tanda anak anda sedang tumbuh gigi

anak-tumbuh-gigi

Tumbuh gigi terkadang merupakan momen yg ditunggu-tunggu oleh orang tua. Tak tabah menggunakan peristiwa ini ternyata berbanding terbalik dengan kondisi yang dirasakan. Pada bayi yang baru mulai tumbuh gigi ternyata nir seindah apa yg berada pada pada pikiran orang tua.

Di bawah ini beberapa pertanda yg akan terlihat pada si kecil jika sedang mau tumbuh gigi

1.Suka ngeces / berliur yg berlebihan

Ini merupakan indikasi yang paling mudah kita lihat & ketahui, hal ini normal terjadi dalam bayi yg sedang pada fase tumbuh gigi.

2.Lebih senang menggigit

Menggigit benda pada lebih kurang misalnya sendok, teether, putting mak , atau mainannya. Dikarenakan rasa kurang nyaman di gusi sebagai akibatnya memakai menggigit akan mengurasi rasa tidak nyaman tersebut sebagai akibatnya bayi akan mencari-cari apa saja sekiranya yg mampu dia gigit.

Tiga.Nafsu makan menurun

Pastinya bakal menurun lantaran gusi sedang dalam syarat yand nir lezat sebagai akibatnya turut mensugesti nafsu makan. Segera kunjungi dokter jika anak anda telah mulai tidak mau makan sama sekali sehingga nir mendapat asupan nutrisi yg relatif

4.Lebih rewel, terutama di saat malam

Sering terbangun dan rewel di malam hari merupakan kondisi wajar yang perlu dimaklumi oleh orang tua, cari cara untuk menenangkan bayi agar bisa tidur lagi. Dikarenakan tidur malam sangat penting bagi regenerasi sel bayi.

5.Pola tidur terganggu

Sering terbangun dikarenakan rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh gigi yang sedang tumbuh, sangat mengganggu bagi bayi anda sendiri apabila tidak mendapatkan tidur yang cukup sehingga akan menjadi rewel.

6.Gusi membengkak

Terkadang gusi membengkak saat proses tumbuh gigi, hal seperti ini bisa saja terjadi dan wajar. Orang tua bisa mengakali dengan memberikan teething gel, tapi hindari memberikan obat-obatan yang mengandung bahan-bahan kimia yang tidak boleh dikonsumsi oleh bayi.

Baca juga : Manfaat menjemur bayi di pagi hari

7.Menarik telinga dan menggosok dagu serta pipi

Cara alami yang dilakukan si kecil untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang dirasakan di gusi saat sedang tumbuh gigi.

penunjang-tumbuh-gigi

Apakah semua bayi yang sedang tumbuh gigi akan demam?

Jawabannya tidak, setiap anak memiliki pola dan tingkah laku yang berbeda-beda pula. Teman saya bercerita bahwa anaknya tidak sampai demam saat sedang tumbuh gigi.

Terus gimana caranya membedakan demam beneran atau demam gara-gara sedang dalam fase tumbuh gigi?

Demam saat tumbuh gigi biasanya tidak mengalami perubahan suhu tubuh yang signifikan, kalau suhu tubuh mencapai di atas 38 atau 39 derajat bisa saja demam itu disebabkan oleh penyakit lain dan segera di bawa ke dokter.

Usia berapa normalnya anak akan tumbuh gigi

Biasanya usia 5-7 bulan bisa menjadi tahap awal tumbuh gigi pertama. Jangan terkejut dengan perubahan yang terjadi pada anak anda ya. Sapatau itu merupakan tanda-tanda bahwa akan tumbuh gigi.

Baca juga : Cara membersihkan telinga anak agar tidak berbau

Cara mengatasi saat sedang tumbuh gigi

1.Memberikan teether

Mempunyai sesuatu yang bisa digigit oleh si kecil ternyata cukup membantu mengatasi kerewelannya. Agar gusi lebih enak bisa juga dengan mendinginkan teether terlebih dahulu di dalam kulkas, karena dingin akan membantu menghilangkan rasa nyeri pada gusi.

Bagi ibu yang belum pernah memberikan teether bagi si kecil mari kita mengenal lebih jauh tentang teether.

teether-tumbuh-gigi

Apa itu teether? Teether adalah alat yang biasanya terbuat dari karet yang gampang digenggam oleh bayi dan biasanya memilik bentuk yang beraneka ragam. Fungsi alat ini sebagai mainan yang biasanya digigit oleh bayi. Dikarenakan bayi pada usia tertentu akan senang memasukkan apapun ke dalam mulutnya, teether ini bisa dijadikan salah satu alternative ya. Jangan lupa dicuci dan di steril terlebih dahulu sebelum diberikana kepada anak. Menurut para ahli teether juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi.

2.Memijat lembut gusi dengan jari

Sebelum memijat gusi bayi pastikan tangan anda telah dicuci menggunakan sabun dan steril ya. Untuk menghindari penyebaran bakteri maupun virus yang terdapat di tangan kita agar tidak masuk ke dalam mulut bayi.

3.Rajin membersihkan air liur yang menetes

Untuk menghindari iritasi pada kulit biasakan bersihkan secara berkala saat anak sedang ngeces.

4.Memberi obat penghilang rasa sakit

Jangan terburu-buru memberikan obat pada si kecil ya, tidak terlalu disarankan dikarenakan kandungan bahan kimia di dalam obat. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak kepercayaan anda sebelum mengambil langkah ini.

Urutan gigi tumbuh pada si kecil Biasanya gigi si kecil akan tumbuh diawali dengan 2 gigi seri di gusi tengah bagian bawah, biasanya muncul satu persatu bukan berbarengan. Setelahnya diikuti dengan 2 gigi seri di gusi tengah bagian atas, diikuti disampingnya serta gigi taring.

Seiring dengan pertambahan usia si kecil maka geraham-geraham kecil akan ikut mulai tumbuh.

Pada umumnya menjelang usia 3 tahun, gigi susu si kecil telah lengkap berjumlah 20 buah.

Rongga pada mulut dapat kita bagi menjadi 4 bagian, atas bawah kanan dan kiri. Setelah mencapai usia 6 tahun biasanya gigi susu akan mulai goyang dan akan copot dengan sendirinya.

Setelah itu gigi tetap akan tumbuh satu persatu, biasanya urutan gigi tetap yang tumbuh akan cenderung kurang lebih sama dengan urutan tumbuhnya gigi susu.

Baca juga : Cara mengajarkan toilet training yang baik dan benar

Cara  membersihkan gigi yang baik dan benar

bayi-tumbuh-gigi

Sebelum anak mempunyai gigi biasanya ibu akan membersihkan mulut anak menggunakan kain kasa yang dibalut pada jari dan dibasahi dengan air maupun air teh. Gosok dengan lembut bagian lidah dan rongga-rongga di dalam mulut untuk menjaga kebersihan mulut, lakukan paling tidak 2x sehari.

Apabila sudah mencapai usia 6 bulan dan mulai MPASI

Ibu bisa membersihkan mulut dengan kain kasa disertai dengan gum massager, belum perlu menggunakan pasta gigi sebelum anak mencapai usia 1.5 tahun dan bisa meludah.

Benarkah bayi yang cepat tumbuh gigi akan lebih cepat berbicara?

Ternyata ini hanyalah mitos belaka, tidak ada hubungan antara gigi tumbuh dengan kemampuan berbicara, yang ada hanyalah mempengaruhi pengucapan pada huruf-huruf tertentu.

Jangan lupa : Cara menaikkan berat badan anak secara alami

Benarkah menggunakan kalung amber bisa mengatasi rasa tidak nyaman pada saat tumbuh gigi?

Sayang nya sejauh ini belum bisa terbukti secara ilmiah hubungan kalung amber yang dipakaikan pada anak bisa mengurangi rasa nyeri atau rasa tidak nyaman di gusi anak yang sedang dalam fase tumbuh gigi. Menurut  penelitian sejauh ini tidak menemukan hubungannya antara kalung amber dengan rasa nyaman setelah memakainya. Sejauh ini bisa dianggap sebagai mitos dan kekuatan marketing semata.

Apabila artikel tentang tumbuh gigi ini sekiranya bermanfaat dan memberikan edukasi, jangan lupa di share ke teman-teman ya. Sapatau ada yang lagi membutuhkan, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker