parenting

Tips Mengatasi Anak Yang Mengalami Sesak Nafas

Orang tua mana yg menginginkan anak nya sesak nafas, apalagi peristiwa ini terjadi secara tiba-tiba. Dibawah ini beberapa saran bila anak tiba-tiba mengalami insiden yg kurang mengenakkan contohnya sesak nafas.

anak-sesak-nafas

1.Jangan panic

Usahakan anda tidak panic terlebih dahulu agar dapat menguasai situasi saat kejadian. Ambil nafas yang dalam dan tenangkan dulu diri anda agar dapat memulai pertolongan pertama. Bisa sambil mengajak anak berbicara yang bertujuan untuk menenangkan kondisi anak.

2.Melonggarkan pakaian Apabila sandang yang dipakai terlalu ketat mampu sebagai keliru satu penyebab anak akan mengalami sesak nafas. Longgarkan terlebih dahulu sandang yang dipakai.

Tiga.Memposisikan anak pada keadaan duduk

Apabila terjadi sesak nafas sebaiknya tidak memposisikan dalam keadaan tidur terlentang dikarenakan dapat menyumbat saluran pernafasan dan akan menyebabkan sesak nafas bisa menjadi semakin parah. Posisi terbaik adalah dalam posisi duduk.

4.Memijat perlahan dalam daerah syaraf paru-paru yang terletak pada antara jempol dan jari telunjuk kaki. Pijatan ini buat memperlancar saluran pernafasan.

Lima.Memberikan minyak atau wangi-wangian

Minyak atau wangi-wangian yang diciumkan dapat membantu membuka saluran pernafasan sehingga akan merasa jauh lebih baik.

6.Meminta pertolongan medis

Apabila hal di atas telah dilakukan tetapi tidak mengalami perkembangan pada anak maka sebaiknya segera meminta pertolongan anggota medis sehingga dapat ditangani secara professional.

Baca pula :

  • Cara menghilangkan bekas cacar secara alami
  • Cara cepat menurunkan demam pada anak
  • Cara mengatasi bayi yang mogok minum susu

Cara mencegah sesak nafas

  • Apabila sesak nafas disebabkan karena alergi, sebaiknya menghindari pemicu yang dapat menyebabkan bisa kambuh
  • Cukup beristirahat agar tubuh dalam keadaan fit
  • Menggunakan pakaian yang tidak terlalu sempit
  • Pergi periksa ke dokter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker